Robert Alberts dan Beckham Putra Nugraha © PERSIB.co.id/Amandeep Rohimah

kolom
Jumat, 21-08-2020 22:00 WIB

Doa Restu untuk Beckham

Skuad PERSIB mulai kembali utuh. Sejak kembali berlatih pada 10 Agustus 2020, para penggawa Pangeran Biru berangsur-angsur kembali ke Kota Bandung untuk bersama-sama menjalani program latihan di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB). 

Sebelumnya, Supardi dan kawan-kawan pulang ke kampung halamannya dan menjalani program latihan mandiri. Sebagian, ada yang terbang melintasi pulau dan lautan. Bahkan, ada yang harus terbang ke luar negeri. Meskipun begitu ada juga yang memilih bertahan di Kota Kembang.

Latihan perdana melibatkan 22 pemain dengan pantauan langsung pelatih Robert Alberts. Sebelumnya, Omid Nazari, Victor Igbonefo dan Fabiano Beltrame harus menempuh ribuan kilometer untuk kembali bergabung dalam sesi latihan bersama.

Sama halnya dengan legiun asing, beberapa pemain lokal juga kembali menapakan kakinya di Bandung. Ardi Idrus dari timur, hingga Supardi dari wilayah barat Indonesia, mulai menunjukkan kerja kerasnya di atas rumput Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Saat latihan perdana, PERSIB kehilangan dua ikon asal Bandung, yakni Beckham Putra Nugraha dan Febri Hariyadi. Saat itu, keduanya mendapat tugas menjalani pemusatan latihan Timnas Indonesia. Jika Beckham berada di timnas U-19, Febri menjadi wakil PERSIB di skuad senior. 

Sekitar satu pekan berselang, Febri akhirnya kembali ke pelukan Pangeran Biru. Senyum Robert kian lebar dengan hadirnya sang striker Wander Luiz.

Pagi hari ini, Jumat 21 Agustus 2020, sesi latihan PERSIB semakin semarak. Striker asal Belanda, Geoffrey Castillion akhirnya bisa kembali berduet dengan Luiz. Padahal, pemain berusia 29 tahun itu baru tiba semalam.

Yang tersisa hanya si bungsu Beckham seorang. Meski begitu, absennya Beckham di dalam persiapan PERSIB menjalani Liga 1 2020 masih bisa ditutupi oleh pemain lainnya. Malahan, apresiasi atas kerja keras Beckham perlu diberikan karena dirinya sukses lolos dari pencoretan.

Untuk Beckham, doa restu jajaran tim pelatih, pemain dan staf PERSIB selalu menyertai langkah adik kandung Gian Zola ini. Apalagi tugas semakin berat akan ia hadapi seiring dengan disusunnya rencana pasukan Shin Tae-Yong untuk menggelar pemusatan latihan di Kroasia akhir Agustus mendatang. 

Rencana tersebut merupakan program persiapan skuad Garuda Muda dalam menatap Piala AFC U-19 di Uzbekistan yang sudah menghitung hari. Rencananya ajang itu akan digelar pada 14 hingga 31 Oktober mendatang. 

Ini memang bukan pengalaman pertama bagi Beckham berkostum Timnas. Namun tetap akan menjadi sebuah kebanggaan bagi PERSIB menyaksikan bagian dari awaknya bisa memberikan kontribusi besar untuk negara di mata dunia.***  

Pandu Persada
kolom
Asa Kembali ke GBLA
Tanggal 23 September 2018 menjadi penanda berakhirnya PERSIB bermain di GBLA
Rabu, 23-09-2020 17:00 WIB
kolom
Sayap-sayap PERSIB
Robert Alberts telah memiliki lima pemain sayap berbahaya
Selasa, 22-09-2020 17:00 WIB
kolom
PERSIB dan Bobotoh Global
Tanpa Bobotoh, PERSIB bukanlah apa-apa
Senin, 21-09-2020 19:00 WIB