PERSIB berharap Liga 1 segera bergulir © PERSIB.co.id/Amandeep Rohimah

kolom
Rabu, 21-04-2021 20:00 WIB

Berharap Liga 1 2021 Segera Bergulir

Sepakbola Indonesia akan kembali terbangun dari tidur panjangnya akibat terserang pandemi Covid-19. Kembalinya sepakbola di Tanah Air tentu saja berkat kerja semua pihak, dari mulai PSSI, PT Liga Indonesia Baru, klub, sponsor hingga suporter.

Semua bahu membahu, satu visi misi dalam mengembalikan ingar bingar dunia sepakbola di Indonesia. Satu frekwensinya semua pihak terlihat dalam gelaran Piala Menpora 2021. Hingga memasuki babak final, semua berjalan sesuai harapan, sepakbola di tengah pandemi bisa berjalan baik.

Penerapan protokol kesehatan yang ketat sejak babak penyisihan grup membuat hampir tak ada klaster sepakbola terjadi. Situasi yang bisa dikatakan jauh lebih baik dari negara lain yang masih ada kasus pemain tak bisa tampil akibat terpapar Covid-19. Semoga hingga gelaran selesai hal tersebut tak terjadi di Indonesia,, Aamiin.

Semua berpean dalam keberhasilan tersebut. Panitia pelaksana ketat memberlakukan aturan, klub disiplin menjalankan aturan tersebut, dan terpenting, jiwa besar dan suporter yang sanggup tetep memberikan dukungan dari rumah.

Suatu hal yang tidak mudah bagi suporter hanya duduk di balik layer kaca. Namun mereka lakukan demi satu tujuan bersama, kembalinya sepakbola Indonesia. Liga 1 2021 yang begitu dinantikan selama ini menjadi mimpi bersama, hingga suporter berbesar hati menahan egonya untuk mendukung dari jauh.

Semua itu tentunya jadi modal positif bagi sepakbola Indonesia. Sebuah rasa optimis yang akan muncul, dengan kebersamaan ini, tinggal satu langkah lagi, sepakbola Indonesia akan bergulir kembali tahun ini. Semoga saja.

Tinggal kita semua jangan sampai terlena, dan tantangan di depan yang akan dating, yakni selebarsi juara Piala Menpora 2021. Pertemuan PERSIB dan Persija Jakarta di partai puncak akan menjadi ujian kembali untuk semua pihak.

Andai PERSIB juara, maka, Bobotoh harus lebih berbesar hati untuk menahan diri tidak melakukan kegiatan yang berkerumun, bahkan hingga meluapkan kegembiraan secara berlebihan dengan melakukan arak-arakan.

Situasi tersebut dapat menjadi ancaman bagi keberlangsungan sepakbola Indonesia kedepannya. Sebab, pademi Covid-19 masih menjadi momok bagi negara kita. Sudah sepantasnya, rasa syukur keberhasilan Pangeran Biru di turnamen pramusim ini pun dilaukan di rumah hanya bersama kelaurga terdekat.

Hanya satu langkah lagi, Liga 1 2021 kembali bergulir. Mari kawal bersama. Menang Bersama.***

M. Jatnika Sadili
kolom
Sepakbola dan Nilai-nilai Pancasila
Sebab, sepakbola bisa menjadi media sosialisasi penanaman niai-nilai Pancasila
Selasa, 01-06-2021 19:00 WIB
kolom
Kolaborasi di Antara yang Terbaik
Bersama Indofood, PERSIB menjalani masa persiapan dengan maksimal untuk meraih hasil terbaik di setiap pertandingan
Selasa, 01-06-2021 08:00 WIB
kolom
PERSIB Menyongsong Kompetisi
PERSIB mendukung bergulirnya kembali kompetisi sepakbola di Indonesia setelah pemanasan di Piala Menpora 2021
Rabu, 19-05-2021 19:00 WIB