Robert Alberts © PERSIB.co.id/Amandeep Rohimah

kolom
Selasa, 23-02-2021 17:00 WIB

Bangkitkan Sepakbola dengan Optimisme

PSSI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga akan menggelar turnamen pramusim dalam waktu dekat ini. Menurut berita yang beredar, turnamen bertajuk Piala Menpora 2021 itu akan mulai diselenggarakan mulai 20 Maret 2021. Ajang itu diperkirakan memakan waktu satu bulan. Hal itu menyusul keluarnya izin dari pihak kepolisian belum lama ini. 

Bila menghitung waktu, hanya kurang dari sebulan bagi semua pihak untuk melakukan persiapan. Baik penyelenggara, klub peserta maupun pemain. Selain menyiapkan format dan regulasi, penyelenggara juga diharapkan mampu memastikan keamanan dan protokol kesehatan turnamen. Pasalnya, ini akan menjadi ajang sepakbola pertama di Indonesia yang digelar di masa pandemi Covid-19.  

Klub pun sama. Mereka harus mulai memanggil pemain untuk segera bergabung dan melakukan sesi latihan bersama. Mereka juga harus mempersiapkan akomodasi dan operasional selama berlangsungnya turnamen nanti.  

Bagi pemain, waktu satu bulan untuk mengembalikan kondisi rasanya terlalu muluk. Karena, biasanya pemain membutuhkan waktu dua sampai tiga bulan untuk dapat benar-benar prima. Itu pun kalau libur kompetisi hanya memakan waktu satu bulan.  

Berbeda dengan saat ini. Para pemain sepakbola profesional di Indonesia sudah hampir satu tahun menghabiskan waktu tanpa kompetisi. Dengan kata lain, perlu waktu yang lebih banyak dari biasanya untuk mereka mempersiapkan diri.  

Akan tetapi, wacana turnamen pramusim ini sangat patut diapresiasi. Setidaknya, kabar tersebut sudah menjadi angin segar bagi seluruh stakeholder sepakbola, termasuk kelompok suporter. Namun, sikap terburu-buru dan ambisius juga sebetulnya tak baik dalam hal apapun. Apalagi, turnamen ini nantinya akan menjadi percontohan sebelum menggelar kompetisi resmi.  

Bagi PERSIB, wacana turnamen belakangan ini telah menumbuhkan motivasi. Terbukti, tim pelatih dan ofisial Pangeran Biru langsung menggelar pertemuan khusus di Graha PERSIB, Jalan Sulanjana. No.17, Bandung, Senin 22 Februari 2021 kemarin untuk mempersiapkan segala aspek. Mulai dari pemanggilan pemain, menentukan tempat berlatih, menyusun jadwal serta merumuskan program latihan. 

Ini membuktikan bahwa semua pihak sudah sangat merindukan sepakbola. Namun ada satu hal yang perlu diperhatikan. Jangan sampai kesempatan ini justu menjadi bumerang bagi sepakbola tanah air. Karena persiapan yang baik juga sangat dibutuhkan di masa sulit seperti saat ini. Rasanya, kita bisa optimistis tanpa harus menjadi ambisius. *** 

Ferri Ahrial
kolom
Komitmen dan Konsistensi Menuju ke Kancah Global
Jika sepakbola menjadi olahraga utama dari masyarakat dunia, lalu apakah makanan pokok dari masyarakat global?
Kamis, 04-03-2021 10:00 WIB
kolom
Dukung Dari Rumah, Itu Lebih Baik Saat Ini
Meskipun tak ada teriakan, doa akan sampai, di mana pun itu.
Rabu, 03-03-2021 17:30 WIB
kolom
Demi PERSIB yang Lebih Baik
Pelatih PERSIB, Robert Alberts sudah mempersiapkan timnya untuk kembali berkompetisi
Rabu, 17-02-2021 19:00 WIB