sejarah
Kamis, 31-12-2020 14:03 WIB

Kaleidoskop 2020 (November): Kompetisi Resmi Berhenti, PERSIB Diliburkan Dua Bulan

Pada pengujung bulan Oktober 2020, PSSI resmi menunda seluruh kompetisi sepakbola di tanah air hingga tahun depan. Itu artinya tak ada kompetisi lanjutan di tahun ini

Ini sekaligus menjadi penundaan yang ketiga kalinya dari PSSI terhadap kompetisi di tanah air. Karena sebelumnya kompetisi sempat diwacanakan akan digelar kembali pada Oktober dan November.

Keputusan penundaan ini diambil setelah Komite Eksekutif (Exco) PSSI secara aklamasi memutuskan menunda kompetisi Liga 1, 2, dan 3 pada tahun 2020. Hal itu juga tertuang dalam rilis resmi yang disiarkan melalui laman resmi PSSI. 

Ini memang bukan keputusan yang diharapkan oleh seluruh insan sepakbola di Indonesia. Namun, setidaknya tak ada lagi tanda tanya, apakah kompetisi dilanjutkan November atau Desember. 

Keputusan penundaan kompetisi tersebut praktis membuat tim pelatih PERSIB langsung berembuk untuk mencari solusi terbaik. 

Tepat pada tanggal 3 November 2020, tim dikumpulkan di Graha PERSIB. Hasilnya, pelatih Robert Alberts memilih untuk melibutkan timnya dari aktivitas latihan bersama. Rencananya, skuad Pangeran Biru akan kembali berkumpul pada 4 Januari 2021. 

Sepertinya, ini adalah pilihan yang tepat. Sebab tetap berlatih tanpa kejelasan juga tak baik bagi psikis pemain. Barangkali, tahun 2020 memang harus berakhir seperti ini, kurang menyenangkan bagi semua pihak, termasuk para stakeholder sepakbola.

Namun, Robert telah berbicara secara langsung di depan anak asuhnya. Di samping memberikan arahan terkait program latihan mandiri, ia juga membumbuhinya dengan kalimat untuk memotivasi. 

Ia yakin betul bahwa tim ini memiliki komitmen yang sama untuk PERSIB, yaitu untuk tetap ngahiji. Ia pun percaya PERSIB bakal kembali secepatnya ke lapangan hijau, untuk bertanding bersama demi menang bersama. ***


PERSIB.co.id


sejarah
Kaleidoskop 2020 (Desember): PERSIB Kembali Kantongi Lisensi Klub Profesional
PERSIB kembali mendapat predikat sebagai klub profesional dari Konfederasi sepakbola Asia atau AFC
Kamis, 31-12-2020 19:33 WIB
sejarah
Kaleidoskop 2020 (Oktober): PERSIB Tetap Berlatih di Tengah Ketidakpastian Nasib Liga 1
Di bulan Oktober PERSIB tetap menjaga asa dengan menggelar latihan rutin dan serangkaian pertandingan, baik berupa uji tanding maupun game internal.
Kamis, 31-12-2020 09:00 WIB
sejarah
Kaleidoskop 2020 (September): PERSIB Gelar Simulasi Kompetisi di Tengah Pandemi
Seluruh pertandingan tersebut diterapkan dengan protokol kesehatan ketat sebagai simulasi menghadapi kompetisi
Rabu, 30-12-2020 19:33 WIB