Kaleidoskop Februari © PERSIB.co.id/Pasca Perdana

sejarah
Senin, 28-12-2020 14:03 WIB

Kaleidoskop 2020 (Februari): Tujuh Uji Tanding Mantapkan Kesiapan PERSIB

Setelah membangun chemistry melalui program pemusatan latihan di Lembang, PERSIB kembali memantapkan persiapan dengan melakoni tujuh uji tanding di sepanjang bulan Februari.

Yang pertama, PERSIB ditantang tim asal Malaysia, Melaka United di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, 1 Februari 2020. Dalam laga ini, penyerang berdarah Belanda Geoffrey Castillion unjuk gigi dengan dwigol yang dicetaknya. Satu gol lainnya disumbangkan Ghozali Siregar di menit akhir babak kedua. PERSIB pun menang dengan skor meyakinkan, 3-1.

Tiga hari kemudian, PERSIB mengakhiri kerjasama dengan pemain belakang, Achmad Jufriyanto. Jupe -- sapaan akrabnya -- memilih hijrah ke Bhayangkara FC. Di hari yang sama, pelatih Robert Alberts memutuskan untuk membawa pulang Zulham Malik Zamrun ke Bandung. Zulham diharapkan mampu menjadi senjata rahasia bagi tim Pangeran Biru selama mengarungi kompetisi Liga 1 2020.

Pada tanggal 8 Ferbuari, PERSIB mengadakan latih tanding bersama klub tetangga, PSKC Cimahi di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Semuanya tampak berjalan sesuai harapan. Di samping mampu tampil kompak di setiap lini, PERSIB berhasil memenangi pertandingan dengan skor 3-0. Dua gol disumbangkan Wander Luiz menit 15 dan 72 dan Geoffrey Castillion (25).

Penampilan ciamik Wander Luiz dan Castillion dalam uji tanding dan sesi latihan tim membuat Robert percaya diri. Sehingga keduanya pun langsung dikontrak manajemen PERSIB untuk mempertajam sektor depan tim.

Di uji tanding berikutnya, PERSIB menjamu lawan yang sepadan. Mereka adalah kontestan Liga 1 2020, Barito Putera. Hasilnya, Pangeran Biru berhasil mengungguli Laskar Antasari 2-1 di Stadion Si Jalak Harupat, 11 Februari 2020. Gol PERSIB berhasil dibukukan Esteban Vizcarra pada menit 64 dan 66. Sedangkan gol balasan Barito Putera ditorehkan Alexander Rakic (77).

Untuk melatih mental tandang, Robert membawa anak asuhnya ke Jawa Tengah. Kali ini, PERSIB sudah ditunggu Persis Solo dan PSS Sleman. Dari kedua laga tersebut, PERSIB membukukan dua kemenangan 2-0.

Yang paling diingat dari tur ini adalah gol indah gelandang muda Beckham Putra Nugraha ke gawang Persis di Stadion Manahan, 16 Februari 2020. Gol yang membuat dirinya banjir pujian dari pelatih bahkan Bobotoh.

Sepulangnya dari Jawa Tengah, Robert membagi timnya menjadi dua. Tujuannya adalah untuk melakoni laga persahabatan lainnya dengan dua tim berbeda. Tim satu diproyeksikan menghadapi PSCS Cilacap di Stadiom Wijayakusuma dan sisanya menantang Persikabo di Bandung.

PERSIB memang menderita kekalahan 1-3 dari PSCS pada 21 Februari 2020. Namun, itu menjadi pengalaman berharga bagi Gian Zola cs yang berjuang tanpa legiun asing dan sejumlah pemain senior.

Di laga melawan Persikabo, PERSIB harus berpuas diri dengan hasil imbang tanpa gol. Akan tetapi, Robert tetap optimistis dengan penampilan anak asuhnya. Apalagi, bagi dia, skor bukan hal utama dalam sebuah laga persahabatan. Pria berkebangsaan Belanda itu lebih berfokus kepada skema permainan dan agresivitas seluruh pemainnya sebelum menjajal kompetisi.

Pada tanggal 25 Februari 2020, PERSIB akhirnya meluncurkan skuad dan jersey anyarnya melalui acara Launching PERSIB 2020 yang digelar di Harris Festival Citylink, Bandung. Tak kurang dari 26 pemain diperkenalkan di sana melalui siaran langsung di PERSIB TV. Semuanya menyatakan siap mengarungi kompetisi Liga 1 2020 dengan sangat optimistis.


 


persib.co.id


sejarah
Kaleidoskop 2020 (Desember): PERSIB Kembali Kantongi Lisensi Klub Profesional
PERSIB kembali mendapat predikat sebagai klub profesional dari Konfederasi sepakbola Asia atau AFC
Kamis, 31-12-2020 19:33 WIB
sejarah
Kaleidoskop 2020 (November): Kompetisi Resmi Berhenti, PERSIB Diliburkan Dua Bulan
Pada pengujung bulan Oktober 2020, PSSI resmi menunda seluruh kompetisi sepakbola di tanah air hingga tahun depan.
Kamis, 31-12-2020 14:03 WIB
sejarah
Kaleidoskop 2020 (Oktober): PERSIB Tetap Berlatih di Tengah Ketidakpastian Nasib Liga 1
Di bulan Oktober PERSIB tetap menjaga asa dengan menggelar latihan rutin dan serangkaian pertandingan, baik berupa uji tanding maupun game internal.
Kamis, 31-12-2020 09:00 WIB