@PERSIB.co.id/Derry Setiadi

berita harian
Senin, 30-12-2019 16:00 WIB

Kaleidoskop 2019 (Agustus) : Lewati Masa Sulit

PERSIB mengalami masa yang sulit di bulan Agustus 2019. Dari enam pertandingan Liga 1 yang dilakoni, tim asuhan Robert Alberts ini hanya mampu meraih sekali kemenangan. 

Roberts harus membongkar pasang formasi terbaiknya karena berbagai alasan. Mulai dari problem cedera, pemanggilan pemain oleh tim nasional, hingga sanksi akumulasi kartu kuning yang datang silih berganti.

Alhasil, pada lima pertandingan awal di bulan Agustus, PERSIB tak bisa meraih tiga poin.  Dibuka dengan kekalahan 0-1 dari Barito Putera, Maung Bandung lalu ditahan imbang 2-2 oleh Persela Lamongan. PERSIB kemudian bermain seri 2-2 dengan Borneo FC, lalu kalah 1-3 dari PSM Makassar, dan imbang 1-1 kontra Perseru Badak Lampung.

Raihan satu poin di kandang Badak Lampung, Stadion Sumpah Pemuda, menjadi momentum awal kebangkitan Supardi Nasir cs. Hariyanto Panto membawa tuan rumah unggul lebih dulu lewat gol cepat di menit ke-11. Tetapi gol balasan Ghozali Siregar di menit ke-64 menumbuhkan optimisme para penggawa Pangeran Biru. 

Tiga poin yang dinanti-nanti PERSIB akhirnya datang saat  menjamu PSS Sleman di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, 30 Agustus.  Erwin Ramdani menjadi pahlawan kemenangan setelah menuntaskan umpan Henhen Herdiana di masa di masa injury time

Kontribusi Beckham untuk Timnas 

Bulan Agustus takkan pernah dilupakan gelandang muda PERSIB, Beckham Putra Nugraha. Adik kandung dari Gian Zola Nasrullah itu memperkuat tim nasional Indonesia U-18 di bawah pelatih Fakhri Husaini pada turnamen Piala AFF.

Pada laga pertama 4 Agustus lalu, menghadapi Filipina, Beckham tampil sejak menit pertama. Ia tampil cukup mengesankan dengan membawa skuat Garuda Muda menang 7-1. Dua hari selanjutnya, timnas Indonesia U-18 kembali berlaga. Kali ini, lawan yang dihadapi adalah Timor Leste. Skuat Garuda menang meyakinkan dengan skor akhir 4-0 dengan Beckham menyumbang satu gol di laga tersebut. 

Selama gelaran turnamen, Beckham menyumbang empat gol untuk timnas. Catatan tersebut menjadikannya sebagai pencetak gol ketiga terbanyak untuk timnas Indonesia U-18, setelah Bagus Kahfi (6) dan Supriadi (5). Langkah timnas Indonesia U-18  terhenti di semifinal setelah kalah 3-4 dari Malaysia. Beckham mencetak gol pertama bagi timnas, tapi tak cukup menghindarkan skuat Garuda Muda dari kekalahan. ***


PERSIB.co.id


sejarah
Kaleidoskop 2020 (Desember): PERSIB Kembali Kantongi Lisensi Klub Profesional
PERSIB kembali mendapat predikat sebagai klub profesional dari Konfederasi sepakbola Asia atau AFC
Kamis, 31-12-2020 19:33 WIB
sejarah
Kaleidoskop 2020 (November): Kompetisi Resmi Berhenti, PERSIB Diliburkan Dua Bulan
Pada pengujung bulan Oktober 2020, PSSI resmi menunda seluruh kompetisi sepakbola di tanah air hingga tahun depan.
Kamis, 31-12-2020 14:03 WIB
sejarah
Kaleidoskop 2020 (Oktober): PERSIB Tetap Berlatih di Tengah Ketidakpastian Nasib Liga 1
Di bulan Oktober PERSIB tetap menjaga asa dengan menggelar latihan rutin dan serangkaian pertandingan, baik berupa uji tanding maupun game internal.
Kamis, 31-12-2020 09:00 WIB