berita harian
Selasa, 25-12-2018 14:03 WIB

Kaleidoskop 2018 (Januari): Kekuatan Baru Tereliminasi di Piala Presiden

Sejak diperkenalkan untuk pertama kali pada pertengahan Desember 2017, Mario Gomez langsung bergerak menjalankan tugasnya sebagai pelatih PERSIB. Pria asal Argentina ini langsung bergegas menyusun program latihan, termasuk pemusatan latihan di Yogyakarta, 21-29 Desember 2017.

Akhir tahun, para pemain dan calon pemain PERSIB pun dihabiskan dalam tugas berat bersama sang arsitek anyar di Kota Pelajar.

Di awal persiapan, Gomez memiliki ketertarikan cukup besar terhadap talenta muda binaan Diklat PERSIB. Dalam beberapa kesempatan pun ia selalu menyertakan anak-anak muda lokal dalam sesi latihan Maung Bandung.

Meski belum ada kejelasan terkait pelaksanaan kompetisi, itu tak membuat Gomez bergeming. Gomez tetap fokus membangun kekuatan tim menghadapi musim 2018.

Menambah kekuatan 

Memasuki awal tahun, PERSIB semakin serius memperkokoh timnya. Tiga pemain langsung didatangkan manajemen. Dua legiun asing, Bojan Malisic bek asal Serbia, Oh-Inkyun gelandang Korea Selatan, serta Victor Igbonefo bek naturalisasi asal Nigeria resmi berseragam Maung Bandung. Ketiganya resmi diumumkan secara bersamaan di Graha PERSIB, Jalan Sulanjana No. 17, pada 5 Januari 2018.

Kedatangan muka baru, Mario Gomez semakin serius menggodok persiapan. Apalagi, dalam rentang waktu yang tak terlampau lama, Maung Bandung segera berlaga di turnamen Piala Presiden 2018.

Fokus langsung tertuju pada Piala Presiden jilid ketiga tersebut. Meski hanya bertajuk laga pramusim, menjadi juara di Piala Presiden jilid 1, membuat Maung Bandung selalu dipasangi target tinggi dalam turnamen ini.

Piala Presiden 2018 resmi dihelat. Dari lima grup, PERSIB ditunjuk sebagai tuan rumah Grup A. Di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) yang dipilih menjadi venue, Maung Bandung bersaing dengan Sriwijaya FC, PSMS Medan dan PSM Makassar.

Di partai pembuka, PERSIB bertemu Sriwijaya FC pada 16 Januari 2018. Laga ini sekaligus menjadi penanda pindahnya ban kapten ke lengan Supardi Nasir Bujang dari Achmad Jufriyanto.

Laga pembuka berhasil dimenangi PERSIB 1-0 melalui gol pemain anyar asal Korea Selatan, Oh-Inkyun pada menit ke-55. Namun, kesuksesan itu tidak menular ke laga berikutnya menghadapi PSMS Medan. Secara mengejutkan, Maung Bandung harus takluk dari Ayam Kinantan. PSMS yang diasuh mantan pelatih PERSIB, Djadjang Nurdjaman menang dengan skor 2-0.

Di laga penutup fase grup kontra PSM Makassar, PERSIB lagi-lagi, harus kembali menelan pil pahit. Maung Bandung takluk 0-1 dari Juku Eja. Hasil ini membuat PERSIB tidak lolos ke babak 8 Besar. Gomez terpaksa menyudahi Piala Presiden 2018 dengan kepala tertunduk.

Drama hengkangnya Jupe

Belum habis rasa pilu akibat kegagalan di Piala Presiden, publik sepakbola Bandung dikejutkan dengan kabar dari ruang konferensi pers Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Bobotoh dikejutkan dengan hengkangnya pilar PERSIB, Achmad Jufriyanto.

Yang lebih mengagetkan, Jupe -- sapaan akrab Achmad Jufriyanto -- memutuskan pergi hanya beberapa menit setelah Maung Bandung kalah 0-1 dari PSM Makassar di laga penutup Grup A Piala Presiden. Melalui pernyataannya saat post match press conference, Jupe berpamitan dan memutuskan mundur untuk bergabung dengan klub asal Malaysia, Kuala Lumpur FA (KLFA).


PERSIB.co.id


berita harian
Kaleidoskop 2018 (Desember): PERSIB Peringkat 4, Diklat Double Winners
PERSIB mengakhiri kompetisi di peringkat 4, sementara PERSIB U-16 juara
Minggu, 30-12-2018 19:33 WIB
berita harian
Kaleidoskop 2018 (November): PERSIB Kehilangan Peluang, Maung Ngora Juara
Maung Ngora mencetak sejarah dengan menjuarai Liga 1 U-19 2018
Minggu, 30-12-2018 14:03 WIB
berita harian
Kaleidoskop 2018 (Oktober): Sederet Sanksi Diterima, Paceklik Kemenangan Datang
Petaka menghampiri PERSIB setelah pertandingan versus Persija
Sabtu, 29-12-2018 19:33 WIB