Kim Jeffrey Kurniawan comeback saat PERSIB mengalahkan PSKC di Stadion Wiradadaha Tasikmalaya©PERSIB.co.id/Rivan Mandala

berita harian
Sabtu, 15-08-2020 19:53 WIB

Jalan Panjang Kim Jeffrey Lepas dari Hantu Cedera

Peristiwa 3 November 2017 adalah momen yang takkan pernah terlupakan dalam hidup Kim Jeffrey Kurniawan. Di hari itu, PERSIB melakoni laga lanjutan Liga 1 2017 menghadapi Persija Jakarta di Stadion Manahan, Solo.

Petaka itu terjadi saat pertandingan baru memasuki menit ke-8. Kim mengalami cedera patah tulang fibula akibat tekel keras pemain Persija, Rudi Widodo. Saat itu, gelandang kelahiran Jerman itu divonis harus menepi selama empat bulan.

Kim baru terlihat lagi di Stadion Si Jalak Harupat saat PERSIB menjamu Perseru Serui, 13 November 2017. Ia rela bersusah payah dengan kondisi kaki kiri dibalut gipsum demi memberi dukungan kepada rekan setimnya.

Kim nampak tegar dengan cobaan yang dihadapinya. Sepasang tongkat besi yang menopang tubuhnya membantunya menyusuri terowongan stadion hingga membawanya ke sisi lapangan.

Sepekan berselang, Kim berpamitan. Ia meninggalkan Indonesia untuk terbang ke tempat kelahirannya di Jerman menjalani serangkaian program pemulihan bersama fisioterapis terbaik pilihannya.

Sekitar enam pekan Kim berada di Jerman, ia akhirnya kembali ke Bandung pada 6 Januari 2018. Hanya beristirahat selama satu malam, keesokan harinya ia sudah mengunjungi mes PERSIB di Jalan Achmad Yani, Kota Bandung untuk melepas rindu dengan rekan-rekannya.

Proses pemulihan cedera di Jerman dilaluinya dengan baik. Meski begitu, ia masih belum bisa berlari. Program pemulihan pun dilanjutkan di Bandung beriringan dengan persiapan tim Pangeran Biru menghadapi Liga 1 2018 .

Selama empat bulan, Kim fokus berjuang untuk bisa sembuh dan beraktivitas secara normal. Hari yang dinanti pun akhirnya tiba. Pada 7 April 2018, klub mengumumkan secara resmi bahwa Kim telah sembuh dari cedera patah tulang fibulanya.

Kondisi tulang kaki kiri Kim yang patah sudah tersambung kembali dengan baik. Meski demikian, sang gelandang masih belum terbebas dari rasa sakit saat berkegiatan, terutama ketika mengangkat beban.

Satu bulan kemudian, Kim harus mengelus dada. Ia masih belum diperbolehkan berlatih bersama para skuad Pangeran Biru. Pasalnya, ia mengalami peradangan pada bagian cedera yang dialaminya.

Peradangan tersebut ditengarai sebagai konsekuensi dari kegiatan latihan Kim yang terlalu berat. Kemungkinan lainnya adalah efek dari tindakan medis yang diambil Kim untuk membantu proses pemulihan.

Latihan perdana
Pemilik nomor punggung 23 di tubuh PERSIB itu akhirnya bisa tersenyum lebar pada 25 Juli 2018. Itu adalah momen pertama kalinya Kim bisa menjalani sesi latihan di lapangan Stadion SPOrT Jabar Arcamanik, Kota Bandung.

Saat itu, Kim berlatih secara terpisah. Di sudut lain, pemain Pangeran Biru lainnya yakni Atep, Airlangga, Aqil Savik, Arief Fadhilah, dan Puja Abdillah berlatih bersama tim PERSIB U-19. Sementara Supardi dkk. kala itu sedang berada di Surabaya untuk menghadapi Persebaya di lanjutan Liga 1 2018.

Comeback di laga kemenangan
Tepat dua tahun lalu atau 15 Agustus 2018, Kim akhirnya bisa kembali memperkuat PERSIB untuk pertamakalinya pascacedera.  Laga yang dinantikan itu tiba ketika Pangeran Biru bertanding melawan PSKC Cimahi di babak 128 besar Piala Indonesia 2018/2019 di Stadion Wiradadaha Tasikmalaya. 

Pada pertandingan tersebut, Kim turun di menit-menit akhir. Ia tampil dari bangku cadangan menggantikan striker muda, Muhammad Wildan Ramdhani. Laga itu sendiri berakhir dengan kemenangan PERSIB 2-1.

"Luar biasa. Saya tentu sangat senang dengan ini semua. Saya akhirnya bisa kembali lagi bermain bersama PERSIB. Jujur saja merasa sangat terharu, apalagi banyak dari Bobotoh yang meneriakkan nama saya ketika masuk ke lapangan," ujar Kim seusai laga yang bersejarah tersebut. 

***


PERSIB.co.id


berita harian
Frets Butuan Pemain Terbaik di Laga Pertama PERSIB Kontra PSS
Frets Listanto Butuan terpilih sebagai man of the match semifinal leg pertama antara PERSIB dan PS Sleman di Stadion Maguwoharjo
Minggu, 18-04-2021 15:00 WIB
berita harian
Robert Hargai Keputusan Kim Kurniawan
Robert Alberts menghargai keputusan Kim Jeffrey Kurniawan untuk meninggalkan PERSIB
Selasa, 02-03-2021 19:00 WIB
berita harian
Kim: Saya Tak Akan Melupakan Bobotoh
Bobotoh adalah alasan Kim Kurniawan jatuh cinta dengan PERSIB
Sabtu, 27-02-2021 18:53 WIB