Tantan saat beraksi di lapangan hijau © PERSIB.co.id

from partner
Jumat, 12-03-2021 17:25 WIB

Ini Tips Menjaga Kebugaran untuk Berolahraga!

Di masa pandemi seperti saat ini, olahraga menjadi hal yang penting untuk memperkuat imunitas tubuh. Oleh karenanya, tubuh membutuhkan tambahan asupan nutrisi untuk dapat berolahraga seperti sepakbola.

Sebagai cabang olahraga yang paling digandrungi di Indonesia, banyak orang memainkannya tanpa menyadari kebutuhan tubuh untuk dapat melakukannya secara rutin. Ya, sepakbola menuntut kinerja hampir dari seluruh otot tubuh. Mulai dari sebatas hanya berdiri di atas lapangan, melompat saat menerima bola udara, menjatuhkan diri untuk merebut bola, hingga berlari kencang menyusuri tepian, semuanya butuh otot untuk bekerja.

Dalam setiap geraknya, tidak jarang otot mengalami kerusakan. Baik yang bersifat internal atau eksternal seperti duel dengan lawan.

Jika sudah seperti itu, apa yang bisa dilakukan? Istirahat sudah pasti, menempuh perawatan akan sangat bagus. Tapi apa hal pertama yang bisa dilakukan? Jawabannya adalah minum susu untuk menjaga kebugaran tersebut.

Pemain PERSIB saat juara ISL 2014, Tantan, dinilai sebagai salah satu pemain yang punya kebugaran ideal. Dalam sebuah kesempatan, rahasia kebugarannya pun terungkap manakala ia datang ke latihan membawa berliter-liter susu yang jadi salah satu produk unggulan di tempat tinggalnya, Lembang.

“Sudah lelah ya? Lekas minum dulu susunya, pasti lelah segera hilang! Lebih enak kalau diminum selagi hangat,” ujar pria yang kini merupakan staf pelatih Akademi PERSIB itu.

Susu memang mudah ditemui di Lembang sehingga banyak orang terbiasa mengonsumsinya. Terlepas dari kebiasaan itu, mengonsumsi susu memberikan manfaat berlimpah untuk tubuh. Susu mengandung protein yang sangat baik dalam membentuk otot.

Ketika jatuh pada pemilihan waktu untuk mengonsumsi susu berprotein, bisa dilakukan sebelum maupun setelah berolahraga. Kedua waktu tersebut bisa dipenuhi oleh Indomilk.

Dikutip dari kompas.com, Ketua Umum Asosiasi Nutritionis Olahraga dan Kebugaran Indonesia (ANOKI), Mury Kuswari, S.Pd, M.Si menyebut susu protein bisa dikonsumsi baik sebelum maupun sesudah berolahraga.

Sementara itu, susu sereal Indomilk Good to Go yang mengandung empat sereal yang menambah energi lebih lama seperti gandum, beras merah, malt, dan oat dikemas dalam sebuah kotak berukuran mulai dari 115 ml hingga 1000 ml. Dengan kemasan itu, Indomilk Good to Go bisa dikonsumsi kapan dan dimana pun.

Ketika mengonsumsi susu sereal Indomilk Good to Go sebelum ataupun setelah berolahraga, susu akan berfungsi sebagai energi tambahan karena kandungan kaya serat dan vitamin B1, B2, B3, B6. Selain itu juga mendukung metabolisme tubuh dan magnesium yang dapat melindungi tulang kamu.

Hal itu yang juga dilakukan oleh tim PERSIB di dalam menjalani masa pramusim seperti saat ini. Dengan mendesain latihan tertentu, tim pelatih mengatur bagaimana pemain bisa meningkatkan kebugarannya setelah lama tidak berlatih.

Meski terbilang bukan merupakan latihan yang cukup berat, tapi kemampuan tubuh untuk bisa memulihkan kebugarannya menjadi sebuah penilaian penting sang pelatih, Robert Alberts.

Karena dengan kemampuan tubuh di dalam memulihkan kebugarannya dengan baik, pemain bisa menghindarkan dirinya dari hantu cedera, yang bisa terjadi pada latihan ataupun pertandingan.

“Kami berusaha untuk membuat pemain memiliki kebugaran yang baik karena ini menjadi dasar dari semuanya sehingga ke depan, tidak perlu ada pemain yang mengalami cedera,” kata Robert.

Satu hal lain yang perlu menjadi catatan ketika mengonsumsi susu sereal setelah berolahraga sebaiknya dilakukan selang beberapa menit. Tidak seketika. Karena setelah berolahraga, tubuh tetap membutuhkan sumber tenaga yang terkandung di dalam makanan berat dan air mineral untuk mengembalikan tenaga yang telah terkuras. ***

PANDU PERSADA 


PERSIB.co.id


kolom
Kolaborasi di Antara yang Terbaik
Bersama Indofood, PERSIB menjalani masa persiapan dengan maksimal untuk meraih hasil terbaik di setiap pertandingan
Selasa, 01-06-2021 08:00 WIB
from partner
Zalnando Maju Bareng Indomilk
Zalnando dan pengalamannya tumbuh bersama Indomilk.
Senin, 31-05-2021 13:35 WIB
kolom
Buah dan Susu Favorit Beckham
Menurut Beckham, kombinasi susu sereal dengan pisang dan strawberry merupakan perpaduan tepat.
Selasa, 11-05-2021 11:09 WIB