Starter PERSIB di Piala Menpora 2021 © PERSIB.co.id/Amandeep Rohimah

kolom
Rabu, 12-05-2021 20:30 WIB

Idulfitri dan Harapan Kemenangan Sepakbola Indonesia

Id dari kata Idulfitri berarti kembali. Sedangkan fitri berasal dari fitrah. Fitrah pun memiliki banyak makna. Satu di antaranya adalah sistem yang tersusun rapi.

Maka, bisa disimpulkan jika Idulfitri bermakna kembali pada sistem yang tersusun rapi. Seperti halnya bayi yang baru lahir, organ tubuh masih sempurna dan tersusun rapi.

Artinya, saat kembali kepada fitrah, Allah telah menyusun ulang, mulai dari diri hingga tata surya. Konsep kemenangan itulah yang diperjuangkan selama satu bulan melalui ibadah saum Ramadan.

Tentu saja, kemenangan itu pun diharapkan bisa berdampak pada dunia sepakbola Indonesia. Setelah satu tahun kacau oleh pandemi Covid-19, sistem sepakbola Indonesia kembali berdenyut dengan digelarnya Piala Menpora. 

Semoga momen Idulftri ini mengembalikan sistem sepakbola Indonesia secara sempurna. Apalagi, sudah ada rencana jika Liga 1 2021 kembali bergulir 3 Juli 2021 mendatang. 

Semua menyambut gembira dengan rencana itu, tak kecuali PERSIB yang juga bersiap menatapnya dengan latihan bersama pada 22 Mei 2021 mendatang.

Kembali tersusun rapinya sistem sepakbola Indonesia di tengah pandemi saat ini tak hanya dengan sekedar bergulir pertandingan. Namun, sepakbola itu pun bisa kembali berfungsi sebagai mana mestinya, menjadi hiburan bagi para pecintanya. 

Tentunya tidak hanya lewat layar kaca. Diharapkan, pertandingan bisa dinikmati secara langsung di stadion. Suasana yang begitu dirindukan seperti sebelum Covid-19 menyerang dunia ini.

Kemenangan itu pun harus diperjuangkan oleh semua. Tidak hanya pemerintah, PSSI, PT Liga Indonesia Baru, klub namun juga suporter. Semua harus berjuang melawan Covid-19 saat ini dengan protokol kesehatan yang ketat. 

Konsep kemenangan yang mungkin sama dengan Idulfitri. Jadi, perlu perjuangan di bulan Ramadan untuk mendapatkan kemenangan di Hari Raya Idulfitri. Sementara sepakbola akan mendapatkan kemenangan ketika semua satu pandangan akan kembalinya Liga 1 di tengah pandemi.

Semoga kemenangan Idulfitri dan kemenangan kembalinya sepakbola Indonesia diraih kita semua tahun ini.***


M. Jatnika Sadili


kolom
Sepakbola dan Nilai-nilai Pancasila
Sebab, sepakbola bisa menjadi media sosialisasi penanaman niai-nilai Pancasila
Selasa, 01-06-2021 19:00 WIB
kolom
Kolaborasi di Antara yang Terbaik
Bersama Indofood, PERSIB menjalani masa persiapan dengan maksimal untuk meraih hasil terbaik di setiap pertandingan
Selasa, 01-06-2021 08:00 WIB
kolom
PERSIB Menyongsong Kompetisi
PERSIB mendukung bergulirnya kembali kompetisi sepakbola di Indonesia setelah pemanasan di Piala Menpora 2021
Rabu, 19-05-2021 19:00 WIB