Skuad PERSIB berlatih di Stadion GBLA©PERSIB.co.id/Amandeep Rohimah 

kolom
Rabu, 23-12-2020 14:40 WIB

Harapan PERSIB Menjadi Tim yang Mendunia

Menjadi klub profesional yang mendunia bukan tidak mungkin dicapai PERSIB. Saat ini, di level Asia Tenggara nama Pangeran Biru masuk dalam jajaran klub populer. 

Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) juga memasukan PERSIB dalam nominasi klub populer di kawasan Asia Tenggara (ASEAN). Tim di bawah naungan PT PERSIB Bandung Bermartabat ini menjadi satu dari 10 klub terpopuler di ASEAN. 

PERSIB akan bersaing dengan sejumlah tim lainnya untuk menjadi yang terpopuler melalui jajak pendapat. AFC akan memilih dua klub untuk kemudian dipertandingkan dengan tim dari Asia Timur, Tengah dan Selatan hingga akhirnya mengerucut menjadi klub terpopuler Asia.

Seluruh jejak pendapat dilakukan melalui laman resmi AFC dan masih berlangsung hingga saat ini. 

Peluang tim Pangeran Biru menjadi klub terpopuler sangat terbuka mengingat sejarah dan prestasi yang telah diraih. Selain menyabet berbagai gelar juara kompetisi dan turnamen, PERSIB juga pernah berjuang di kejuaraan level Asia, AFC Champions juga AFC Cup. 

Tahun 2015 pun PERSIB sudah menghujamkan ambisi "PERSIB Goes to Asia". Saat itu, tim Pangeran Biru tampil di play off Liga Champions Asia namun tidak lolos.  Perjuangan dilanjutkan ke turnamen AFC Cup, dan bertanding hingga babak 16 besar. 

Selain itu, Pangeran Biru punya kekuatan dukungan luar biasa dari Bobotoh. Tak hanya saat di lapangan. Di media sosial, PERSIB memiliki 10 juta penggemar di Facebook, dan 4,4 juta pengikut di Instagram.

Profesionalisme manajemen PT PBB juga membuat PERSIB layak diperhitungkan untuk mendunia. Yang terbaru adalah apresiasi dari Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) untuk Akademi PERSIB Putri. 

Pembinaan bibit-bibit pesepakbola putri yang dilakukan Akademi PERSIB menarik perhatian FIFA.  Akademi PERSIB diundang untuk ikut ambil bagian dalam FIFA Talent Development Programme. Pada tahap awal program, FIFA menunjuk konsultan sepakbola ternama asal Belgia, Double Pass, untuk melakukan analisis dan wawancara terhadap Akademi PERSIB.  

Yang juga tak boleh dilupakan adalah upaya PERSIB dalam mendatangkan pemain mega bintang.  Nama besar seperti Michael Essien dan Carlton Cole pernah menjadi bagian skuad Pangeran Biru. Sosok mereka sedikit banyak telah melambungkan nama PERSIB di mata penggemar sepakbola, khususnya di Asia . 

Semua ini adalah langkah awal bagi tim kebanggaan Bobotoh untuk mewujudkan ambisi menjadi klub yang mendunia.  Dengan segala potensi yang dimiliki saat ini, nama PERSIB semestinya bisa terus membesar. Diawali dari Asia Tenggara, kemudian Asia dan bahkan di tingkat dunia.  Semoga ***

M.JATNIKA SADILI


PERSIB.co.id


kolom
Sepakbola dan Nilai-nilai Pancasila
Sebab, sepakbola bisa menjadi media sosialisasi penanaman niai-nilai Pancasila
Selasa, 01-06-2021 19:00 WIB
kolom
Kolaborasi di Antara yang Terbaik
Bersama Indofood, PERSIB menjalani masa persiapan dengan maksimal untuk meraih hasil terbaik di setiap pertandingan
Selasa, 01-06-2021 08:00 WIB
kolom
PERSIB Menyongsong Kompetisi
PERSIB mendukung bergulirnya kembali kompetisi sepakbola di Indonesia setelah pemanasan di Piala Menpora 2021
Rabu, 19-05-2021 19:00 WIB