Kim Jeffrey Kurniawan menanti pramusim © PERSIB.co.id/Gregorius Aditya Katuk

kolom
Rabu, 03-02-2021 17:00 WIB

Gulirkan Kompetisi Demi Kepentingan Negara

Indonesia menatap agenda besar sepakbola, Piala Dunia U-20 2023 jdan SEA Games. Atas nama kepentingan negara, kompetisi sudah sepantasnya menjadi perhatian semua pihak. 

Kompetisi sepakbola tak sekadar hiburan di tengah situasi sulit pandemi Covid-19. Lebih dari itu, nama Indonesia akan dipertaruhkan, terlebih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Namun, memang bagai buah simalakama. Karena saat ini kasus Covid-19 masih tinggi di Indonesia. Pihak kepolisian tampaknya belum bulat keyakinan untuk memberi izin pertandingan. Jadi, pemangku kebijakan harus meyakinkan jika bisa menggelar pertandingan di tengah pandemi. 

Berbeda dengan di negara lain, kompetisi sepakbola tetap bisa bergulir meskipun kasus Covid-19 masih tinggi. Mungkin, kendala yang dihadapi adalah formula yang diterapkan.

Turnamen pramusim bisa menjadi langkah awal yang baik untuk sepakbola Indonesia. Pelaksanaan pertandingan di tengah pandemi Covid-19 dapat diujicobakan pada turnamen tersebut.  Turnamen pramusim bisa dijadikan solusi untuk memperkuat izin kepada kepolisian. 

Selain penerapan protokol kesehatan, laga tanpa penonton bisa dilakukan saat turnamen dilakukan langkah ketika ada yang positif Covid-19. Sebab, pertandingan sepakbola sangat penting untuk mendukung agenda sepakbola Indonesia. Langkah sebelum kompetisi bergulir adalah turnamen. 

Manfaat lain turnamen pramusim sangat besar bagi pemain dan tim. Karena, akan kesulitan klub-klub jika langsung dihadapkan pada kompetisi Liga 1 2021. Terlebih, sudah hampir satu tahun tak ada ingar bingar sepakbola di Tanah Air. Pemain menjadi rentan cedera jika dipaksakan tanpa pemanasan dengan turnamen.

Hanya berlatih mandiri sangat mustahil bagi Indonesia bisa meraih prestasi dalam berbagai ajang internasional. Kompetisi mempermudah pemain menjaga dan bahkan meningkatkan kemampuan. 

Selayaknya sudah harus ada pertandingan untuk mendukung suksesnya sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 dan SEA Games. Langkah awal turnamen pramusim bisa menjadi solusi untuk mendukung kesuksesan sepakbola demi kepentingan negara.***


M. Jatnika Sadili


kolom
Sepakbola dan Nilai-nilai Pancasila
Sebab, sepakbola bisa menjadi media sosialisasi penanaman niai-nilai Pancasila
Selasa, 01-06-2021 19:00 WIB
kolom
Kolaborasi di Antara yang Terbaik
Bersama Indofood, PERSIB menjalani masa persiapan dengan maksimal untuk meraih hasil terbaik di setiap pertandingan
Selasa, 01-06-2021 08:00 WIB
kolom
PERSIB Menyongsong Kompetisi
PERSIB mendukung bergulirnya kembali kompetisi sepakbola di Indonesia setelah pemanasan di Piala Menpora 2021
Rabu, 19-05-2021 19:00 WIB