Zalnando, nikmati permainan © PERSIB.co.id/Barly Isham

kolom
Selasa, 23-03-2021 18:00 WIB

Enjoy the Game

PERSIB akan menghadapi Bali United di Grup D turnamen Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu 24 Maret 2021 besok. Ini akan menjadi laga perdana Pangeran Biru di turnamen pramusim tersebut. 

Semua pihak menyambut gembira, terutama pemain, pelatih dan Bobotoh. Sebab, laga besok adalah momentum penting bagi persepakbolaan Indonesia setelah sempat tertidur tanpa kompetisi dalam setahun terakhir. 

Namun penyambutan kali ini sangatlah berbeda jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Kali ini, sepakbola harus digelar tanpa penonton dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Tak hanya di Indonesia, tapi hampir di seluruh belahan dunia melakukan hal yang sama. 

Oleh sebab itu, dukungan secara langsung harus ditahan sementara. Seluruh elemen suporter tanpa terkecuali mesti memahami situasi serta mendukung dari rumah.

Pelatih Robert Alberts telah mengajak seluruh pecinta sepakbola Indonesia untuk enjoy dan tak bereuforia secara berlebihan. Kita mesti enjoy menikmati semua pertandingan yang tersaji. 

Jangan dulu berpikir soal menang ataupun target juara. Piala Menpora ini baru pramusim dan bukan berstatus resmi seperti kompetisi. Begitu juga imbauan Robert kepada pemain. 

Ia berharap para anak asuhannya bisa menjalani turnamen pramusim ini dengan lancar. Yang terpenting, kata dia, semua pemain pulang ke Bandung tanpa keluhan cedera dan mampu mengambil manfaat dari setiap pertandingan. Lagi pula ini semua dilakukan untuk mempersiapkan seluruh tim dalam menyongsong Liga 1 2021 mendatang. 

Soal menang, imbang dan kalah, sebaiknya dikesampingkan dulu. Ekspektasi juara pun terlalu jauh bagi pemain yang tidak merasakan atmosfer pertandingan dalam setahun. Dengan kata lain, level permainan juga belum optimal seperti sedia kala. 

Jadi, untuk laga besok melawan Bali United dan sejumlah pertarungan lain nantinya, kita hanya perlu enjoy the game dan bersikap dewasa.***
 


Ferri Ahrial


kolom
Sepakbola dan Nilai-nilai Pancasila
Sebab, sepakbola bisa menjadi media sosialisasi penanaman niai-nilai Pancasila
Selasa, 01-06-2021 19:00 WIB
kolom
Kolaborasi di Antara yang Terbaik
Bersama Indofood, PERSIB menjalani masa persiapan dengan maksimal untuk meraih hasil terbaik di setiap pertandingan
Selasa, 01-06-2021 08:00 WIB
kolom
PERSIB Menyongsong Kompetisi
PERSIB mendukung bergulirnya kembali kompetisi sepakbola di Indonesia setelah pemanasan di Piala Menpora 2021
Rabu, 19-05-2021 19:00 WIB