dr Alvin Wiharja memeriksa pemain PERSIB©PERSIB.co.id/Barly Isham 

berita harian
Sabtu, 28-11-2020 18:58 WIB

Dr Alvin: Setiap Pemain Punya Kebutuhan Nutrisi Berbeda

Dokter olahraga PERSIB dr Alvin Wiharja mengungkapkan, setiap pemain mempunyai kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda. Itulah kenapa dirinya bekerja sama dengan nutrisionist Gilang Fauzi dalam mengukur kebutuhan asupan makanan melalui pemeriksaan medis. 

"Kita cek semuanya seperti body fat (lemak tubuh) berapa, selain itu kita lihat anatomi tubuh pemain juga memiliki karakter berbeda-beda kemudian kita cari tahu apa yang dibutuhkan," kata Alvin, Jumat 28 November 2020 dalam program PERSIB Talk yang disiarkan di 964FM Radionya PERSIB. 

Posisi pemain di lapangan, lanjut Alvin, juga bisa menjadi pemicu berbedanya asupan nutrisi.  Sebab, dengan prinsip science, nutrisi yang diberikan kepada atlet sangat mempengaruhi performa secara langsung. 

"Posisi penjaga gawang misalnya, itu berbeda dengan nutrisi yang dibutuhkan Febri Hariyadi yang berposisi pemain sayap," tambahnya. 

Di saat pemain menderita cedera, sajian makanan juga akan menyesuaikan. Tujuannya adalah untuk mempercepat proses pemulihan kondisi pemain tersebut. 

"Ya, ada menu khusus, ketika ada pemain yang cedera, kita butuh proses penyembuhan yang cepat. Di sini sistem nutrisi harus disesuaikan untuk menghindari adanya inflamasi atau peradangan," terang Alvin.***


PERSIB.co.id


berita harian
Proses Pemulihan Aziz dan Wander Luiz Berjalan Baik
Proses pemulihan cedera Abdul Aziz dan Wander Luiz berjalan dengan baik
Senin, 03-05-2021 18:00 WIB
pernik
Robert Tutup Program Vaksinasi PERSIB
Pelatih PERSIB, Robert Alberts menjalani vaksinasi Covid-19 dosis kedua di Sleman, Yogyakarta,  Jumat 23 April 2021
Jumat, 23-04-2021 17:00 WIB
berita harian
Dokter Alvin Orang Pertama PERSIB yang Jalani Vaksinasi
Dokter olahraga PERSIB, Alvin Wiharja menjalani vaksinasi Covid-19 dari pemerintah yang dikembangkan Sinovac, Rabu 10 Februari 2021 siang.
Rabu, 10-02-2021 15:44 WIB