Dedi Kusnandar©PERSIB.co.id/M.Jatnika Sadili

pernik
Rabu, 15-04-2020 11:08 WIB

Demi Sepakbola, Dado Berjalan Kaki dari Bandung ke Jatinangor

Menjadi seorang pesepakbola profesional adalah cita-cita yang telah dicapai Dedi Kusnandar.  Gelandang PERSIB itu mengakui, untuk mewujudkan impiannya tersebut, ia harus melewati perjuangan dan rintangan yang tidak mudah. 

Salah satu pengalaman yang takkan pernah dilupakan Dedi adalah perjuangannya ketika masih belajar di Sekolah Sepakbola (SSB) UNI. Ia pernah merasakan berjalan kaki kurang lebih sejauh 22 km saat pulang dari tempat latihan menuju rumahnya di kawasan Jatinangor, Sumedang. 

"Awalnya, saat usia 11 tahun momen yang tak terlupakan. Jalan kaki dari Bandung ke Jatinangor karena tidak ada ongkos harus jalan kaki, sampai rumah sore hari," kata pemain yang akrab disapa Dado ini, Rabu 15 April 2020.

Cita-cita ingin membela PERSIB seperti para seniornya di SSB UNI membuat Dado semakin termotivasi. Lelah yang dirasakan ketika berlatih tak pernah menyurutkan semangatnya.  

Pria kelahiran 23 Juli 1991 ini mengaku, dunia sepakbola bukan hal baru dalam keluarganya. Oleh sebab itu pula, Dado mendapat dukungan penuh dari keluarga.  Ia pun tak pernah menyangka, kerja kerasnya saat berlatih mambawanya masuk  ke tim PERSIB yunior dan menjadi ballboy pada setiap laga PERSIB.

Prestasi mulai diraih Dado ketika membawa Pelita Jaya U-21 menjadi juara ISL U-21 2008-2009. Saat itu, Dado juga dinobatkan menjadi pemain terbaik.  Ia kemudian bergabung dengan tim utama Pelita Jaya, dan sempat hijrah ke Arema Indonesia dan Persebaya Surabaya, sebelum akhirnya kembali ke PERSIB. 

Dado berharap bisa mewujudkan impiannya yang belum tercapai, yakni meraih gelar juara bersama PERSIB.  

"Awalnya berat, tapi dinikmati saja. Mimpi dan harapan membuat saya tetap berusaha keras. Semoga mimpi bawa PERSIB juara dapat saya wujudkan," ucapnya. ***


PERSIB.co.id


from partner
Mudahnya Buka Tabungan Haji di PermataMobile X
Berbagai kemudahan dan keuntungan mempersiapkan ibadah haji bersama PermataBank Syariah dirasakan benar oleh gelandang PERSIB, Dedi Kusnandar
Rabu, 08-09-2021 16:00 WIB
berita harian
Dado Berharap Kolaborasi PERSIB dan Para Mitra Terus Terjalin Baik
Gelandang asal Jatinangor itu menilai, kolaborasi mitra, manajemen, dan Bobotoh sangat penting dalam membantu keberhasilan tim di kompetisi
Jumat, 27-08-2021 10:00 WIB
pernik
Dado Ajak Masyarakat Tetap Disiplin Protokol Kesehatan
Dedi Kusnandar mengajak masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan
Jumat, 02-07-2021 19:00 WIB