Dedi Kusnandar@PERSIB.co.id/Amandeep Rohimah

lebih dekat
Sabtu, 08-02-2020 10:54 WIB

Dedi Kusnandar: Mengejar Ambisi Juara Liga

Menjadi pemain PERSIB adalah impian Dedi Kusnandar sejak kecil. Namun hal itu tak dicapainya dengan mudah. Perjalanan yang penuh lika-liku harus dilewati pemain yang akrab disapa Dado tersebut. 

Pria kelahiran Kabupaten Sumedang, 23 Juli 1991 ini mengawali langkahnya menjadi pemain sepakbola sejak bermain untuk Sekolah Sepakbola UNI Bandung. Berkat kemampuannya dalam mengolah si kulit bundar, Dado pun mendapatkan kesempatan bergabung dengan PERSIB U-21 pada tahun 2005. 

Di tahun 2008,  pemain yang berposisi sebagai gelandang ini hijrah ke klub Pelita Jaya U-21. Di sana ia justru berhasil memperlihatkan kepiawaiannya dengan menjadi pemain terbaik Liga Super Indonesia U-21 2009 dan membawa juara menjadi Pelita Jaya. 

Pencapaian tersebut membuat Dado ditarik ke skuat senior Pelita Jaya dan sempat berkelana ke sejumlah klub besar seperti Arema Indonesia dan Persebaya Surabaya, sebelum  akhirnya berlabuh ke PERSIB pada tahun 2015. 

Selain di klub, pemain yang identik dengan nomor punggung 11 ini juga mendapat kepercayaan bermain bersama Tim Nasional. Dado memperkuat Tim Nasional Indonesia U-23 di ajang Asian Games 2014. Saat itu Dado menjadi kapten bagi timnya. 

Tahun 2015 adalah puncak pencapaian tertinggi Dado bersama PERSIB. Ia sukses membawa tim kebanggaannya itu menjadi juara dalam turnamen Piala Presiden 2015. 

Dado terpaksa bertualang lagi pada tahun 2016. Sebab, di kompetisi di tanah air mendapat skorsing dari FIFA. Ia pun memutuskan untuk hengkang ke klub asal Malaysia, Sabah FA dan  sempat menjadi kapten bagi timnya. 

Walau ditawari perpanjangan kontrak oleh Sabah FA,  Dado memilih kembali ke PERSIB sampai dengan hari ini. 

Dado  dikenal sebagai gelandang tengah yang dinamis. Selain mahir dalam memberikan umpan, ia juga cekatan dalam memutus serangan lawan. Keseimbangan dan ketenangannya itulah yang membuat setiap pelatih senantiasa memakai jasanya. 

Bersama PERSIB, Dado sudah mengumpulkan 67 caps. Namun, ada sebuah ambisinya  selama ini yang belum kunjung terwujud. Yaitu membawa PERSIB menjadi juara liga.  

“PERSIB adalah klub tanah kelahiran saya. Rasa cinta yang membawa saya ke sini. Pastinya, saya selalu siap berjuang untuk tim ini dan membawa PERSIB ke podium juara,” imbuhnya.***


DATA DIRI 

Nama : Dedi Kusnandar

Lahir : Kabupaten Sumedang, 23 Juli 1991

Posisi : Gelandang

Nomor punggung : 11

Bergabung dengan PERSIB : 2014 dan 2016

Tinggi badan : 1,75 meter

Klub sebelumnya : Sabah FA

Caps bersama PERSIB : 67

Assist bersama PERSIB : 3

Kaki spesialis : kanan.***


PERSIB.co.id


from partner
Mudahnya Buka Tabungan Haji di PermataMobile X
Berbagai kemudahan dan keuntungan mempersiapkan ibadah haji bersama PermataBank Syariah dirasakan benar oleh gelandang PERSIB, Dedi Kusnandar
Rabu, 08-09-2021 16:00 WIB
berita harian
Dado Berharap Kolaborasi PERSIB dan Para Mitra Terus Terjalin Baik
Gelandang asal Jatinangor itu menilai, kolaborasi mitra, manajemen, dan Bobotoh sangat penting dalam membantu keberhasilan tim di kompetisi
Jumat, 27-08-2021 10:00 WIB
pernik
Dado Ajak Masyarakat Tetap Disiplin Protokol Kesehatan
Dedi Kusnandar mengajak masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan
Jumat, 02-07-2021 19:00 WIB