Tim PERSIB © PERSIB.co.id/Amandeep Rohimah

kolom
Kamis, 01-04-2021 15:14 WIB

Bersama Membangun Kembali Sepakbola Indonesia

Penyelenggaraan sepakbola di Indonesia memang masih jauh dari kata sempurna. Namun, permainan berdurasi 2x45 menit ini masih tetap menjadi salah satu cabang olahraga populer di negeri ini.

Mengutip sebuah berita di kompas.com, sebuah survei yang dilakukan oleh Nielsen Sports, sebanyak 68 persen warga Indonesia menyukai sepakbola. Permainan 11 vs 11 ini hanya kalah dari bulutangkis yang berada dengan 71 persen.

Memasuki 2021, sepakbola kembali berdenyut setelah satu tahun mati suri akibat pandemi Covid-19. Tentu, sepakbola tidak imun terhadap virus ini. Mulai dari para pelakunya di atas lapangan hijau hingga pemujanya di tribun penonton, terkena imbasnya.

Melalui Piala Menpora 2021, pemerintah bersama PSSI, pihak keamanan, penyelenggara dan klub kembali duduk bersama untuk menghidupkan kembali sepakbola agar bisa dinikmati khalayak. Pada 18 Februari 2021, pihak kepolisian akhirnya memberikan izin keramaian untuk turnamen Piala Menpora 2021.

Keputusan itu disikapi dengan cara berbeda oleh setiap klub. Satu hal yang pasti, ini merupakan kabar baik bagi pemain, pelatih, suporter, mitra klub dan seluruh stakeholder sepakbola di pelosok negeri, termasuk PERSIB.

Meskipun demikian, karena baru tahap “pemulihan”, PERSIB memilih tidak terlalu fokus dan memasang target tinggi di turnamen ini. PERSIB tetap berkonsentrasi mempersiapkan diri menghadapi Liga 1 2021. PERSIB hanya ingin menjalani turnamen dengan fokus memperhatikan protokol kesehatan sebagai hal yang paling diperhatikan sebagai syarat bergulirnya kompetisi nanti.

Seluruh penggawa Pangeran Biru memahami, kepastian bergulirnya Liga 1 tahun ini hanya bergantung kepada sukses atau tidaknya penyelenggaraan Piala Menpora 2021 yang digelar di tengah pandemi Covid-19.

Dengan dukungan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) yang sudah terjalin sejak 2015, PERSIB pun mengambil peran dalam mengembalikan sepakbola Indonesia di tengah pandemi. Sebanyak 23 pemain diboyong menuju Sleman untuk menjalani rangkaian pertandingan Grup D.

"Untuk sebagian pemain, ini bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Setelah satu tahun, mereka harus kembali memulai sepakbola dan terpaksa meninggalkan keluarga. Kami melakukannya demi membantu sepakbola Indonesia," tutur pelatih PERSIB, Robert Alberts beberapa waktu lalu.

Hasil di lapangan menunjukkan, perkembangan positif bagi Pangeran Biru. Setelah bermain imbang 1-1 dengan Bali United pada laga pembuka, Victor Igbonefo dan kawan-kawan mencatat kemenangan 3-1 atas Persita Tangerang pada matchday kedua.

Para pemain PERSIB pun keluar lapangan, berjalan tegap dengan Indofood terpampang jelas di dada. Semua pemain kembali menikmati indahnya sepakbola. Wajah berseri-seri walau harus jatuh bangun di atas lapangan. Bobotoh yang setia pun mendukung #DukungDariRumah.

Kebersamaan ini hanya akan terjadi selama sepakbola tetap eksis. Maka dari itu, penting bagi seluruh pihak yang terlibat dalam olahraga Indonesia untuk menyukseskan bergulirnya Piala Menpora 2021. Karena dengan begitu, Liga 1 2021 bisa bergulir juga. Semoga!.***


Pandu Persada


kolom
Sepakbola dan Nilai-nilai Pancasila
Sebab, sepakbola bisa menjadi media sosialisasi penanaman niai-nilai Pancasila
Selasa, 01-06-2021 19:00 WIB
kolom
Kolaborasi di Antara yang Terbaik
Bersama Indofood, PERSIB menjalani masa persiapan dengan maksimal untuk meraih hasil terbaik di setiap pertandingan
Selasa, 01-06-2021 08:00 WIB
kolom
PERSIB Menyongsong Kompetisi
PERSIB mendukung bergulirnya kembali kompetisi sepakbola di Indonesia setelah pemanasan di Piala Menpora 2021
Rabu, 19-05-2021 19:00 WIB