©PERSIB.co.id/Derry Setiadi

berita harian
Selasa, 31-12-2019 14:00 WIB

Kaleidoskop 2019 (November) : Tren Positif Terhenti di Bali

PERSIB mengawali bulan November dengan manis. Bertandang ke Stadion Tuah Pahoe Palangkaraya untuk menghadapi Kalteng Putra FC, skuat Maung Bandung tampil garang dan spartan. Mulai terbiasa bertanding di luar Bandung barangkali menjadi salah satu alasan kenapa skuat asuhan Robert Alberts ini bisa menang secara meyakinkan. 

Lagi-lagi, Kevin van Kippersluis menjadi tokoh protagonis PERSIB di pertandingan ini dengan satu golnya di pengujung babak pertama. Permainan Kalteng Putra FC sulit berkembang setelah Patrich Wanggai dihukum kartu merah oleh wasit pada menit ke-29. Lini belakang mereka pun terlihat kocar-kacir. Tak lama setelah Kippersluis membuat gol pembuka, PERSIB berhasil menambah keunggulan lewat Ezechiel N’Douassel pada menit ke-61. 

Kemenangan 2-0 atas Kalteng Putra sangat berarti bagi Febri Hariyadi dan kawan-kawan. Sebab PERSIB membawa modal tiga poin berharga untuk dibawa pulang ke Bandung setelah menjalani petualangan yang cukup melelahkan. 

Balik ke Bandung

Seusai berkelana selama sebulan lebih, ada kabar bahwa PERSIB dapat menggelar kembali laga di Bandung di bulan November. Bobotoh pun menyambut gembira kabar ini dengan berbondong-bondong datang ke Stadion Si Jalak Harupat untuk mendukung PERSIB melawan PSIS Semarang, 6 November 2019. 

Kerinduan dan kecintaan bobotoh terhadap tim Pangeran Biru memang tak perlu diragukan lagi. Nyanyian dan yel-yel dukungan kembali mengaung keras seantero stadion. Hasilnya positif. PERSIB menuai kemenangan 2-1 atas PSIS berkat gol Ezechiel N’Douassel pada menit ke-9 dan Febri Hariyadi melalui titik putih pada menit ke- 73. Sebetulnya, Laskar Mahesa Jenar sempat memberikan perlawanan. Tapi gol cantik Bruno Silva pada menit ke-53 tak cukup bagi tim tamu untuk bisa mencuri poin. 

Selanjutnya, kabar baik kembali tersiar. PERSIB boleh menggelar laga penuh gengsi melawan Arema FC di Stadion Si Jalak Harupat pada 12 November 2019. Tentunya, ini merupakan salah satu momen yang dinanti-nantikan oleh bobotoh demi bisa membantu PERSIB membalas kekalahan 1-5 di Malang pada putaran pertama lalu. 

Buktinya, dalam sekejap tiket pertandingan habis terjual. Padahal pertandingan itu digelar di hari kerja dan waktu kick off dilangsungkan pada sore hari. Akan tetapi, misi Maung Bandung untuk bisa membalas kekalahan tak semudah yang dibayangkan. Pasalnya, Robert Alberts tengah dihantam badai absen sejumlah pemain kunci. Kevin van Kippersluis diragukan tampil karena cedera, sedangkan Ezechiel N’Douassel, Ardi Idrus dan Febri Hariyadi harus pergi untuk membela Tim Nasional. 

Namun, hal itu tak lantas membuat PERSIB menjadi lemah. Sejumlah pemain pelapis berhasil menunjukkan kualitasnya di laga penting sore itu. PERSIB sukses melumat Arema FC tiga gol tanpa balas. Gol Kim Jeffrey Kurniawan, Omid Nazari dan Frets Butuan membuat bobotoh berpesta di rumah sendiri. 

Kemenangan itu membuat PERSIB di atas angin. Kepercayaan diri tim tampak semakin meningkat. Namun sayang, di laga kandang selanjutnya kontra Barito Putera pada 24 November 2019, Nick Kuipers cs justru hanya mampu bermain imbang tanpa gol. Tapi setidaknya, PERSIB berhasil mencatatkan rekor tujuh pertandingan tanpa kekalahan secara beruntun. 

Akan tetapi, catatan itu terhenti kala PERSIB bertandang ke markas Bali United pada 28 November. Kendati bisa menunjukkan penampilan yang impresif, Maung Bandung harus mengakui keunggulan skuat Serdadu Tridatu dengan skor tipis 2-3.***

PERSIB.co.id
berita harian
Kaleidoskop 2019 (Desember) : Hariono Pamit, PERSIB Putri Cetak Sejarah
Bulan Desember menjadi bulan penutup di kompetisi Liga 1 2019.
Selasa, 31-12-2019 19:00 WIB
berita harian
Kaleidoskop 2019 (Oktober) : Momentum Kebangkitan
Bulan Oktober menjadi bulan yang penuh tantangan bagi PERSIB. Bagaimana tidak, selama sebulan penuh Febri Hariyadi cs tak pernah bertanding di kandang sendiri.
Selasa, 31-12-2019 08:03 WIB
berita harian
Kaleidoskop 2019 (September): Kontribusi Nyata Trio Legiun Asing Baru
Menjelang berakhirnya putaran pertama Liga 1 2019, PERSIB melakukan pergantian slot pemain asing
Senin, 30-12-2019 19:33 WIB