Kaleidoskop November © PERSIB.co.id/Derry Setiadi Nugraha

berita harian
Minggu, 30-12-2018 14:03 WIB

Kaleidoskop 2018 (November): PERSIB Kehilangan Peluang, Maung Ngora Juara

PERSIB mengakhiri dahaga kemenangan di bulan November. Itu terjadi setelah Maung Bandung mengalahkan Bhayangkara FC 2-1 di Stadion PTIK, Jakarta, Sabtu 3 November 2018. ‎Raihan tiga angka ini juga menjadi hasil terbaik dari empat pertandingan Go-Jek Liga 1 selama bulan ini. 

Kemenangan atas Bhayangkara FC membuat Supardi Nasir Bujang menempati peringkat kedua klasemen sementara. Gol cepat terjadi di laga ini melalui Ezechiel N'Douassel pada menit kelima dan Jonathan Bauman (17). Sementara gol balasan tuan rumah dibuat Herman Dzumafo Epandi di menit-menit akhir.

Bagi tim asuhan Mario Gomez, ini merupakan kemenangan pertama dari lima laga sebelumnya. Kemenangan terakhir PERSIB terjadi saat membungkam Persija Jakarta 3-2 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, 23 September lalu. 

‎Kemenangan ini juga menjadi yang pertama didapat PERSIB atas Bhayangkara FC dari empat pertemuan keduanya. Hasil terbaik Maung Bandung sebelumnya yakni imbang 1-1 pada 24 September 2017.

Susah Payah Meneruskan Hasil Positif

Menjalani laga kandang di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat 9 November 2018, PERSIB terpaksa harus kecewa karena kalah 0-1 dari PSMS Medan. Gol semata wayang PSMS dibuat Felipe Martin di menit ke-32. Padahal di pertemuan sebelumnya, PERSIB mampu melibas Ayam Kinantan tiga gol tanpa balas di Stadion Teladan Medan. 

Di laga selanjutnya, PERSIB kembali harus menelan kekecewaan setelah dikalahkan PSIS Semarang 0-3 di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Minggu 18 November 2018. Kekalahan ini pun menjadi balasan dari raihan yang dibuat Maung Bandung di putaran pertama. 

Sampai pada pertandingan terakhir di ‎bulan ini, PERSIB masih menjamu Perseru Serui di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Jumat 23 November 2018. Maung Bandung sempat unggul selama 83 menit lewat gol dari Patrich Wanggai menit 6) dan Jonathan Bauman (50). 

‎Namun, Alberto de Paula mencetak gol, yang disusul oleh Mohammad Sidik Saimima di saat perpanjangan waktu memastikan laga berakhir dengan imbang 2-2. Hasil ini makin menambah catatan Supardi cs. tak pernah menang atas Perseru Serui di kompetisi Go-Jek Liga 1.

Rentetan kekalahan di luar Bandung mengakibatkan PERSIB kehilangan peluang juara. Usai kekalahan dari PSIS dan Perseru, PERSIB tertahan di peringkat ketiga dengan nilai 49 dan sudah tidak mungkin menyalip dua rivalnya, PSM dan Persija. 

Maung Ngora Juara

Ketika tim senior sudah kehilangan peluangan juara, kabar gembira datang dari PERSIB U-19. Maung Ngora mencetak sejarah dengan menjuarai Liga 1 U-19 2018 setelah mengalahkan Persija 1-0 pada partai final di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Senin 26 November 2018. 

Sejatinya, PERSIB menemui banyak rintangan, terutama di putaran pertama. Alasannya, banyak pemain inti tim Maung Ngora yang harus memperkuat tim lainnya, seperti Maung Anom dan tim sepakbola kota Bandung di ajang Pekan Olahraga Daerah (Porda).

Melalui rintangan itu, PERSIB mengakhiri putaran pertama babak pendahuluan di posisi kelima dengan nilai 5. Catatan tersebut mampu diperbaiki di putaran kedua hingga akhirnya Maung Ngora lolos dari babak pendahuluan sebagai peringkat ketiga terbaik.

Membaiknya penampilan PERSIB seiring dengan bergabungnya sejumlah pemain, seperti Ade Candra Sena, Rizki Arohman, Asep Saepul Mukmin hingga Julius Josel Omkarsba di periode kedua pendaftaran pemain.

PERSIB tampil tak terkalahkan di sepanjang babak 8 Besar hingga lolos ke semifinal. Di 4 Besar, Maung Ngora menyingkirkan Borneo FC 3-1 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, 15 November. 

Di final, pertemuan antara PERSIB dan Persija kembali tak terelakan. Di babak 8 Besar, PERSIB mengalahkan Persija 4-0. Pencapaian Maung Ngora ke babak final ini juga menjadi yang kedua setelah tahun sebelumnya Lesta dkk. hanya keluar sebagai runner-up.

Bertempat di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, 26 November 2018, tak ada lagi hujan gol di hari Senin malam itu. Namun, Maung Ngora memastikan keluar sebagai juara melalui gol tunggal Ilham Qolba Rizky Wiguna.

Di samping gelar juara, penggawa PERSIB ‎juga menorekan prestasi secara individual. Di kompetisi ini, gelandang Maung Ngora Beckham P. Nugraha menjadi pencetak gol terbanyak (9) sedangkan kapten tim, M. Syafril Lestaluhu terpilih sebagai pemain terbaiknya kompetisi ini. *** 

 

PERSIB.co.id
berita harian
Kaleidoskop 2018 (Desember): PERSIB Peringkat 4, Diklat Double Winners
PERSIB mengakhiri kompetisi di peringkat 4, sementara PERSIB U-16 juara
Minggu, 30-12-2018 19:33 WIB
berita harian
Kaleidoskop 2018 (Oktober): Sederet Sanksi Diterima, Paceklik Kemenangan Datang
Petaka menghampiri PERSIB setelah pertandingan versus Persija
Sabtu, 29-12-2018 19:33 WIB
berita harian
Sabtu, 29-12-2018 14:03 WIB