Pemain PERSIB berlatih © PERSIB.co.id/Barly Isham

berita harian
Jumat, 11-09-2020 21:00 WIB

Banyak Jalan Menuju Roma

Banyak jalan menuju Roma merupakan sebuah pepatah yang menggambarkan bahwa untuk bisa meraih sesuatu sepatutnya tak terpaku pada satu cara. Pepatah tersebut muncul pertama kali pada masa dinasti Romawi.  Situasi saat itu menggambarkan jalanan menuju Roma berbatu dan penuh rintangan. Saat itu banyak jalan dibangun agar setiap warga dari berbagai daerah bisa tetap sampai ke Roma dengan selamat.

Pepatah itu pas rasanya dialamatkan untuk PERSIB. Persiapan Pangeran Biru menyongsong bergulirnya kembali Liga 1 menemui rintangan. Agenda uji tanding dengan Bhayangkara FC terpaksa harus dibatalkan karena alasan teknis. 

Semula, pertemuan dua tim penghuni kasta tertinggi Liga 1 2020 itu akan tersaji di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu 12 September 2020 esok. Namun, pertandingan batal digelar.

Awalnya, Bhayangkara FC itu akan menjadi lawan kedua dalam uji tanding setelah pekan lalu, Pangeran Biru bertemu PS Tira Persikabo. Agenda uji tanding melawan tim selevel ini diharapkan bisa mengevaluasi segala kekurangan.

Pelatih PERSIB, Robert Alberts tak pernah khawatir racikan strateginya dibongkar lawan. Karena itu hanya sebuah pertandingan yang tujuannya untuk melihat perkembangan masing-masing pemain dan kerjasama tim. 

Lantas, bagaimana PERSIB bisa meningkatkan performanya jika uji tanding melawan Bhayangkara FC esok dibatalkan? Sekali lagi, Robert tetap tenang dan percaya, performa anak asuhnya akan terus mengalami perkembangan meski agenda uji tanding batal.

Sebagai gantinya, PERSIB menggelar game internal. Cara ini juga sudah pernah dilakukan Robert, 29 Agustus lalu. "Kami tetap fokus mempersiapkan tim agar bisa tampil konsisten 90 menit dengan dua tim yang kami miliki melalui game internal," ungkap Robert.

Perkembangan terkini, gelandang PERSIB, Kim Jeffrey Kurniawan harus menjalani latihan terpisah karena memiliki keluhan di bagian belakang tubuhnya.  Untuk mengantisipasi absennya Kim pada game internal besok, Pangeran Biru masih memiliki opsi lain. Sebelumnya, PERSIB melibatkan empat pemain dari Diklat yang dua di antaranya berposisi sebagai gelandang. Mereka adalah Ardi Maulana dan Saiful. 

Sesi latihan PERSIB juga sempat tanpa melibatkan dua pemain lainnya, yakni Fabiano Beltrame dan kiper Teja Paku Alam. Dua pemain tersebut sudah kembali bergabung ke dalam latihan tim hari ini. 

Meski demikian, peran dua pemain tersebut mendapat back-up dari Kakang Rudianto dan Aqil Savik yang tampil gemilang pada laga kontra PS Tira Persikabo sebelumnya. Jadi, yakin nih akan melewatkan game internal esok? *** 

Pandu Persada
kolom
Wacana Kompetisi Format Baru
Di saat semuanya menantikan kepastian, malah muncul spekulasi bahwa kompetisi akan digelar dengan format baru
Selasa, 20-10-2020 17:00 WIB
kolom
Menikmati Ketidakpastian
PERSIB menyikapi hal tersebut dengan "enjoy"
Jumat, 16-10-2020 19:00 WIB
kolom
Mengawal Semangat Robert
Dengan semangat #Ngahiji, Robert pun selalu berusaha suasana menciptakan tim menjadi ceria dan bersahabat
Rabu, 14-10-2020 19:00 WIB