Akademi PERSIB menyelenggarakan Festival PERSIB Academy League untuk kelompok usia (KU) 10 dan 12 tahun di Lapangan Soccer Republic, Kota Bandung, 11 dan 12 Mei 2022. © PERSIB.co.id/Amandeep Rohimah

berita harian
Kamis, 12-05-2022 20:00 WIB

Akademi PERSIB Terus Menggali Potensi

Akademi PERSIB menyelenggarakan Festival PERSIB Academy League untuk kelompok usia (KU) 10 dan 12 tahun di Lapangan Soccer Republic, Kota Bandung, 11 dan 12 Mei 2022. Kegiatan ini digelar untuk memperkuat tali silaturahmi antar cabang Akademi PERSIB yang tersebar di Jawa Barat. 

Tahun 2020 lalu, Akademi PERSIB juga menggelar kegiatan serupa. Dari kegiatan yang pertama kali digelar itu, PERSIB Academy League 2021 lalu pun bisa terlaksana. Itu merupakan ajang pencarian bakat untuk menyokong Diklat PERSIB dalam mentas di Elite Pro Academy PSSI U-16 dan U-18. 

Direktur Akademi PERSIB, Yoyo S. Adiredja mengungkapkan, Festival Academy PERSIB League bertujuan untuk terus menumbuhkan semangat anak-anak di Jawa Barat dalam bermain sepakbola. Karenanya, kegiatan ini tidak mencari pemenang ataupun juara. 

“Kami akan terus membina anak-anak ini karena Jawa Barat memiliki potensi melimpah untuk melahirkan pesepakbola profesional di masa depan. Kami gelar kembali kegiatan ini agar regenerasi pemain terus berlangsung dan menjadi stimulus bagi mereka untuk lebih mencintai sepakbola,” kata Yoyo.

Kegiatan kian semarak setelah kehadiran sejumlah penggawa PERSIB seperti Beckham Putra Nugraha dan Arsan Makarin yang tahun lalu bermain untuk tim satelit PERSIB, Bandung United. Bandung United dihuni mayoritas pemain-pemain binaan Diklat PERSIB yang merupakan tahap lanjutan dari Akademi PERSIB. 

Meski begitu, Yoyo juga mengatakan pihaknya sudah mulai menanamkan nilai-nilai sportivitas kepada anak-anak. Dari hal itu diharapkan nilai kompetitif mulai tumbuh saat anak-anak menginjak usia 13 tahun. Karenanya, pengharagaan diberikan sebagai apresiasi untuk merangsang semangat anak-anak tersebut. 

“Secara perlahan kami perlu mengenalkan kepada anak-anak untuk bisa bermain lebih baik dari lawan dan bagaimana rasanya membantu tim menjadi pemenang. Sebab tahun depan, dalam diri mereka sudah harus tertanam keinginan untuk berlatih dan meningkatkan kemampuan. Karena itulah, penghargaan pun sepantasnya diberikan,” terang Yoyo. 

Yoyo pun berharap Akademi PERSIB bisa terus berkembang dan menghasilkan pemain-pemain potensial, tidak hanya untuk PERSIB senior yang berlaga di Liga 1, tapi juga Tim Nasional Indonesia.
 
“Besar harapan dan menjadi kepuasan bagi Akademi PERSIB untuk melihat anak-anak binaan kami mengalami perkembangan setiap harinya, lalu bermain di level tertinggi sepakbola Indonesia hingga mencapai kebanggaan terbesar yaitu berkontribusi kepada Tim Nasional Indonesia yang berkompetisi di event Internasional,” harapnya. 

Berikut adalah peraih 10 penghargaan (awarding) yang diberikan dalam Festival PERSIB Academy League, baik untuk individual maupun kolektif;

1. Best Team VII: AP Bandung KU-12 & AP Karawang U-10
2. Favorite Team: AP Cimahi 1 KU-12 & AP Bogor KU-10 
3. Fairplay Team: AP Purwakarta KU-12 & AP Cimahi KU-10
4. Top Scorer: Faiz (AP Bekasi KU-12) & Dico (AP Karawang U-10)
5. Best Player: Abdiel (AP Cimahi KU-12) & Arxavi (AP Karawang U-10)
6. Best Goalkeeper: Izal (AP Bogor KU-12) & Baihaqi (AP Cimahi KU-10)
7. Best Defender: Ksatria (AP Cimahi KU-12) & Aqil (AP Karawang U-10)
8. Best Midfielder: Putra (AP Cimahi KU-12) & Hisyam (AP Bogor KU-10)
9. Best Attacker: Ramza (AP Cikarang KU-12) & Celo (AP Bekasi KU-10)
10. Best Coach: AP Bandung 1 KU-12 & AP Karawang. **** 


persib.co.id


berita harian
PERSIB Goes To School di SDN 178 KPAD, Tumbuhkan Keberanian Melalui Sepakbola
Program PERSIB Goes to School kembali digelar, kali ini dengan mengunjungi SD Negeri 178 KPAD, Kota Bandung, 16 Juni 2022
Senin, 20-06-2022 17:00 WIB
berita harian
Akademi PERSIB Tambah Jam Terbang Pemain Binaan
Akademi PERSIB terus melanjutkan pembinaan terhadap para pemainnya
Jumat, 10-06-2022 21:30 WIB
berita harian
Pesan Beckham untuk Peserta Festival PERSIB Academy League
Orang tua menjadi salah satu kekuatan Beckham Putra Nugraha dalam menjalani karier sebagai pesepakbola profesional
Kamis, 12-05-2022 19:00 WIB