
Muhammad Jatnika Sadili
PERSIB secara resmi memperkenalkan jajaran mitra strategis yang akan mendukung perjalanan klub di musim kompetisi 2025/26 dalam sebuah seremoni penuh semangat bertajuk Pesta Biru di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu, 2 Agustus 2025.
Ribuan Bobotoh menyaksikan langsung momen bersejarah ini, sebuah penanda kuat bahwa semangat kolaborasi antara klub, mitra, dan suporter semakin solid menyambut tantangan di level nasional dan Asia.
Sebanyak 12 mitra resmi diumumkan secara langsung oleh PERSIB yang akan menjadi bagian integral dalam mendukung operasional tim, inovasi digital, penguatan merek, serta ekspansi ekosistem bisnis klub sepanjang musim.
Mereka adalah Indofood, Kopi ABC, Intersport by Pria Punya Selera, vivo, Greenfields, Le Minerale, Teh Pucuk Harum, Panther Energy Drink, Socios, BTN, Kelme, serta Combiphar melalui produk Insto dan OBH.
Dari 12 mitra tersebut, delapan di antaranya merupakan partner yang melanjutkan komitmen mereka dari musim sebelumnya, sebuah bukti nyata dari kekuatan hubungan jangka panjang yang dibangun atas dasar kepercayaan dan kesamaan visi dalam memajukan sepak bola Indonesia.
Bahkan, beberapa mitra telah menjadi bagian dari perjalanan emosional PERSIB selama bertahun-tahun, seperti;
- Indofood, mitra utama yang sudah mendukung sejak 2015, kini memasuki tahun ke-11 kebersamaan.
- Kopi ABC, menjadi salah satu sponsor terlama yang telah mendampingi PERSIB sejak 2012, 13 tahun bersama.
- Intersport by Pria Punya Selera, Socios, dan Panther Energy Drink juga menunjukkan loyalitas luar biasa dengan kemitraan yang telah berlangsung lebih dari tiga musim.
- Panther Energy telah bersama PERSIB sejak 2018 dan kini memasuki musim kesembilan.
- Socios menjadi mitra global yang membuka akses digital fan engagement sejak 2022 yang berarti ini musim keempatnya bersama PERSIB.
Sementara vivo, Greenfields, Le Minerale, dan Teh Pucuk Harum memasuki musim keduanya mendukung PERSIB, memperkuat sinergi yang telah mulai terbentuk dengan baik sepanjang musim lalu.
Musim ini juga ditandai dengan bergabungnya tiga mitra strategis baru yaitu;
- Kelme, produsen perlengkapan olahraga internasional asal Spanyol, yang akan menjadi official kit supplier dan membuka potensi pengembangan lini apparel PERSIB ke level global.
- Bank BTN (Bank Tabungan Negara), sebagai mitra keuangan yang memperluas cakupan kolaborasi klub ke sektor perbankan, digitalisasi pembayaran, dan pemberdayaan komunitas.
- Combiphar, melalui produk Insto (obat tetes mata) dan OBH (obat batuk), resmi bergabung dengan PERSIB. Sebuah kemitraan strategis yang menyatukan visi besar antara industri olahraga dan kesehatan.
Masuknya mitra ini tidak hanya memperkuat portofolio sponsor klub, tetapi juga mencerminkan arah baru PERSIB dalam membangun brand ecosystem yang lebih modern, terintegrasi, dan inklusif, selaras dengan pertumbuhan industri olahraga dan hiburan saat ini.
Adhitia Putra Herawan, Deputy CEO PT PERSIB Bandung Bermartabat, menyampaikan apresiasi tinggi atas dukungan luar biasa dari seluruh mitra yang telah menjadi bagian penting dari fondasi klub.
"Dukungan mitra bukan sekadar kontribusi finansial, tapi merupakan kemitraan strategis yang memperkuat ekosistem PERSIB dari berbagai sisi, sport performance, teknologi, digital, sampai ke aspek sosial dan komersial," kata Adhitia.
"Kami percaya, keberhasilan klub masa kini dan masa depan hanya bisa dicapai jika semua pihak bergerak bersama dalam satu tujuan. Dan hari ini, kami sangat bangga bisa melangkah bersama mitra-mitra yang sejalan dengan visi besar kami untuk membawa PERSIB menjadi klub kelas dunia," tambahnya.
Ia menambahkan, konsistensi dan loyalitas para sponsor merupakan aset penting yang menjadi pembeda dalam pengelolaan klub sepakbola profesional.
"Banyak di antara mitra kami yang telah bersama lebih dari 5, bahkan 10 tahun. Hubungan ini dibangun lewat kepercayaan, value alignment, dan komitmen untuk tumbuh bersama. Tahun ini, dengan tambahan mitra baru seperti BTN, Combiphar, dan Kelme, kami semakin siap untuk menyambut tantangan musim kompetisi yang lebih kompetitif serta menjawab ekspektasi Bobotoh di level domestik maupun Asia," tutupnya.
Momen perkenalan mitra ini bukan sekadar seremoni simbolik, tetapi juga menjadi pengingat bahwa kesuksesan PERSIB bukan hanya dibangun oleh performa di lapangan, melainkan juga oleh kekuatan kolaborasi di luar lapangan. Semua mitra memiliki peran strategis, mulai dari mendukung recovery pemain, inovasi teknologi dan nutrisi, penyediaan sarana operasional, hingga penguatan interaksi dengan Bobotoh.
Melalui sinergi ini, PERSIB optimis untuk terus mendorong pencapaian prestasi, memperluas pengaruh di kancah Asia, dan membangun ekosistem bisnis olahraga yang berkelanjutan.***