Persib bandung  x200 PERSIB
3 VS 3
Barito putra  x200 BARITO PUTERA
GO-JEK Liga 1 Sabtu 08 Des 2018, 18.30 WIB Kapten I Wayan Dipta

Ghozali Muharam Siregar 20'

Jonathan Jesus Bauman 23'

Ezechiel N'Douassel 43'

18' Rizky Rizaldi Pora

25' Samsul Arif Munip

88' Samsul Arif Munip

  • 13’ Saves! Made Wirawan! #PERSIBday #PERSIBlive
  • 14’ EZEEEEE!!!! Arrgggghh! Side netting!#PERSIBday #PERSIBlive
  • 16’ Ezechiel dilanggar di daerah menguntungkan! Tendangan bebas untuk PERSIB.#PERSIBday #PERSIBlive
  • 18’ ????????#PERSIBday #PERSIBlive
  • GOOOOOOOOOOOOAAAAAAALLLLLLLL!!!! GOZOOO!!! PERSIB 1-1 BARITO! #PERSIBday #PERSIBlive
  • 23’ JOOOOONIII BAUMAN!!!! ASUP!!!!PERSIB memimpin 2-1! Lanjutkan, SIB! #PERSIBday #PERSIBlive
  • 24’ Samsul Arif! Gol! ? 2-2... Game on! #PERSIBday #PERSIBlive
  • 32’ Aaargghh sundulan Eze masih lemah. Serang deui, SIB!!!#PERSIBday #PERSIBlive
  • 34’ Sepak pojok untuk PERSIB! #PERSIBday #PERSIBlive
  • 42’ ASUP DEUI KING!!!!! PERSIB 3-2 Barito! #PERSIBday #PERSIBlive
  • 43’ Berjuang terussss, SIB!#PERSIBday #PERSIBlive
  • 45’ Aaaaaaaaaaaaaaa Gozoooo!!!! Masih menyamping euy! #PERSIBday #PERSIBlive
  • Satu menit tambahan waktu. #PERSIBday #PERSIBlive
  • Kick off babak kedua!#PERSIBday #PERSIBlive
  • 60’ Serangan Barito Putera masih dapat diantisipasi Bli Made!#PERSIBday #PERSIBlive
  • 63’ Aduh! Nyaris!? Beruntung tendangan pemain Barito masih membentur mistar! #PERSIBday #PERSIBlive
  • 64’ Bli Made ??#PERSIBday #PERSIBlive
  • 70’ Kaleeem King! Kaleeeem! #PERSIBday #PERSIBlive
  • 81’ Ezechiel mendapatkan kartu kuning. #PERSIBday #PERSIBlive
  • 84’ Mas Har lepaskan tembakan! Corner untuk PERSIB!#PERSIBday #PERSIBlive
  • 87’ Samsul Arif! 3-3! Bikin satu lagi, SIB!#PERSIBday #PERSIBlive
  • 90+1 Wanggai masuk, Hariono keluar. #PERSIBday #PERSIBlive
  • 90+2 Kiiiimmm!!! Nyariiiissss! ?#PERSIBday #PERSIBlive

PERSIB

Skuat Utama

No Pemain Posisi
6

Thumb 6Tony Sucipto

defender
10

Thumb medium 10Ezechiel N'Douassel

striker
16

Thumb 16Indra Mustafa

defender
22

Thumb 22Supardi

defender
24

Thumb 24Hariono

midfielder
32

Thumb 32Victor Igbonefo

defender
33

Thumb 33Inkyun Oh

midfielder
77

Thumb 77Ghozali Muharam Siregar

midfielder
78

Thumb medium 78I Made Wirawan

goal keeper
99

Thumb 99 baumanJonathan Jesus Bauman

striker
3

Thumb 3 ardi idrusArdi Idrus

defender

Cadangan

No Pemain Posisi
1

Thumb medium 1M. Natshir Fadhil

goal keeper
7

Thumb 7Atep

midfielder
12

Thumb 12Henhen Herdiana

defender
14

Thumb 14Agung Mulyadi

midfielder
23

Thumb 23Kim Jeffrey Kurniawan

midfielder
88

Thumb 88 wanggaiPatrich Steve Wanggai

striker
21

Thumb mario jardelMario Jardel

defender

BARITO PUTERA

Skuat Utama

No Pemain Posisi
2

Thumb default pemainAaron Michael Evans

defender
10

Thumb default pemainDouglas Ricardo Packer

midfielder
18

Thumb default pemainGavin Kwan Adsit

defender
7

Thumb default pemainMatias Jesus Cordoba

midfielder
15

Thumb default pemainMuhamad Rafi

midfielder
26

Thumb default pemainRizky Rizaldi Pora

midfielder
9

Thumb default pemainSamsul Arif Munip

striker
5

Thumb default pemainMuhammad Rifqi

defender
1

Muhammad Riyandi

goal keeper
28

Jajang Sukmara

defender
8

Marvel Silva Sacramento

striker

Cadangan

No Pemain Posisi
20

Thumb default pemainAdhitya Harlan

goal keeper
17

Thumb default pemainPaulo Oktavianus Sitanggang

midfielder
94

Thumb default pemainAdy Setiawan

defender
55

Thumb default pemainDandi Maulana Abdulhak

defender
24

Fajar Handika

midfielder
96

Nazarul Fahmi

midfielder
29

Talaohu Abdul Mushafry

striker
review pertandingan

Review: PERSIB Akhiri Kompetisi dengan Hasil Imbang

PERSIB harus puas mengakhiri kompetisi Go-Jek Liga 1 musim 2018 dengan hanya meraih tambahan satu poin. Tim asuhan Mario Gomez itu hanya mampu bermain imbang 3-3 dengan Barito Putera pada laga terakhir di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu 8 Desember 2018.

Laga tanpa penonton kali ini penuh dengan kejutan dan hujan gol di babak pertama.  Pertandingan baru berjalan dua menit, PERSIB mendapat hadiah penalti menyusul pelanggaran di kotak terlarang oleh bek Barito Jajang Sukmara kepada Ezechiel N'Douassel. Sayang, striker asal Chad itu gagal memaksimalkan eksekusi penalti tersebut.

Gol justru lebih dahulu diciptakan tim tamu pada menit ke-18. Tembakan keras Rizki Pora di sisi gawang PERSIB tak mampu dibendung kiper I Made Wirawan. Namun, keunggulan Barito tak berlangsung lama. Hanya dua menit berselang, Ghozali Siregar menyamakan kedudukan setelah memanfaatkan umpan terobosan Jonathan Bauman. 

Maung Bandung bahkan berbalik unggul 2-1 ketika Bauman menjebol gawang Barito di menit ke-23 menyambut umpan silang Ezechiel ke mulut gawang . 

Pertandingan semakin terbuka dan berjalan menarik. Kedua tim saling jual beli serangan. Tim tamu berhasil menyamakan kedudukan dua menit berselang ketika Samsul Arif  membuat Made Wirawan kembali memungut bola dari sarangnya.

Tiga menit menjelang turun minum, giliran Ezechiel yang mencatatkan namanya di papan skor. Tendangan geledeknya dari luar kotak penalti mengoyak gawang Barito untuk membuat PERSIB memimpin 3-2 hingga akhir laga pertama.

Memasuki paruh kedua, tempo permainan kedua tim menurun. Serangan kedua kubu tak seagresif paruh pertama. Meskipun demikian, Barito tampak lebih banyak menguasi bola dan terus mencoba menyamakan kedudukan. Lini pertahanan PERSIB pun terus berusaha keras menahan gempura tim asal Kalimantan ini.

Pada menit ke-60, Ezechiel dan Bauman terlihat bersitegang, namun perseteruan tersebut tak berlangsung lama. Keduanya kembali kompak saling dukung menggempur pertahanan Barito. 

Petaka muncul di menit ke-88, Samsul Arif berhasil mencetak gol kedua nya ke gawang Made. Gol berawal dari pergerakan Rizki Pora yang lepas dari jebakan offside. Pora memberi umpan matang kepada Samsul yang dengan mudah memperdaya Made di menit akhir pertamdingan.

PERSIB yang berjuang menutup kompetisi dengan manis mencoba kembali mencetak gol. Gelandang bertahan Hariono pun ditarik keluar digantikan striker Patrich Wanggai. Namun, usaha meraih kemenangan tak kunjung datang. Hasil imbang ini menambah catatan tidak penah menang dalam lima laga terakhir di liga musim ini.

Susunan pemain :

PERSIB : I Made Wirawan; Ardi Idrus, Indra Mustafa, Victor Igbonefo, Tony Sucipto; Supardi, Hariono ('90 Patrich Wanggai), Oh In-Kyun, Ghozali S ('72 Kim Jeffrey Kurniawan); E. Ndouasel, J. Bauman.

Barito Putera : M Riyandi; Gavin Kwan, A. Evans, M. Rifqi ('80 Danil Maulana), Jajang Sukmara; Matias Cordoba, M. Rafi, Douglas Packer; Samsul Arif, Marcel S., Rizky Pora.

preview pertandingan

Preview PERSIB vs Barito Putera: Akhiri dengan Indah

Go-Jek Liga 1 2018 akan berakhir pada pekan ini. PERSIB bakal menutup musim sejuta cerita ini dengan laga kandang tanpa penonton melawan Barito Putera di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu 8 Desember 2018.

Meskipun sudah tak berpeluang menjadi kampiun, Maung Bandung tetap bertekad memenangi laga menghadapi Laskar Antasari. Sebab, kemenangan setidaknya bisa menjadi cara yang indah bagi PERSIB dan bobotoh untuk mengakhiri musim. 

Pelatih PERSIB, Mario Gomez berambisi meraih tiga poin. Hal itu ditunjukkannya dengan mempersiapkan tim secara serius selama di Bandung.   

“Kita akan coba menang. Karena penting untuk mengakhiri kompetisi di urutan ketiga. Ini adalah musim yang baik. Kita mencoba jadi juara. Tapi, kita tidak bisa karena banyak hal. Tapi kita coba untuk menyelesaikannya di posisi ketiga. Ini penting,” kata pelatih berpaspor Argentina itu, Jumat 7 Desember 2018.

Demi kemenangan, Supardi Nasir Bujang cs harus mau tampil habis-habisan di sepanjang laga. Sebab pertandingan di Pulau Dewata bisa jadi lebih dari sekadar penutup musim. Tetapi juga akan menjadi partai untuk mempertahankan harga diri. 

Untungnya, Maung Bandung membawa modal cukup bagus sebelum terbang ke Bali kali ini, yaitu kemenangan tipis 1-0 atas PSCS Cilacap, 5 Desember 2018. Setidaknya kemenangan itu mampu meningkatkan kepercayaan diri sang Pangeran Biru setelah sempat melewati empat pertandingan tanpa kemenangan. 

Akan tetapi, PERSIB harus mewaspadai absennya bek asal Serbia, Bojan Malisic akibat akumulasi kartu kuning. Namun, bobotoh masih memiliki harapan kepada pemain bertahan muda, Indra Mustafa. Bukan tak mungkin, Indra akan kembali tampil menemani Victor Igbonefo sejak menit awal di laga nanti. 

Yang juga harus diwaspadai adalah mitos kurangnya hoki di Bali. Bagaimana tidak, di sepanjang musim ini, Supardi cs belum pernah merasakan kemenangan di Pulau Seribu Pura itu. Mengenai hal tersebut, Gomez pun mengakui ada perbedaan yang signifikan antara bermain di Bali dengan di Bandung. 

“Saya akui itu, karena perbedaan sangat terasa dari bermain di GBLA dan di Bali sangat berbeda. Saya ingin ucapkan terima kasih banyak atas dukungan bobotoh di musim ini dan sampai bertemu,” ungkap Gomez.

Di kubu lawan, Barito Putera menyatakan terganggu dengan adanya perubahan jadwal pertandingan pekan 34 ini. Pasalnya, pelatih Jackson F. Tiago baru mengaku baru mendapatkan kabar tersebut secara mendadak. 

“Persiapan boleh dikatakan tidak begitu matang, karena perubahan jadwal mendadak. Sebenarnya persiapan kita hanya untuk datang ke sini saja, kita seharusnya H-3 terbang. Tapi, kemarin pagi kita baru mendapat informasi soal perubahan ini. Jadi, hanya kemarin malam kita latihan dan pagi tadi kita sudah harus terbang ke sini,” ujar Jackson, Jumat 7 Desember 2018. 

Kendati begitu, Jackson tetap berharap anak asuhnya mampu memberikan performa terbaiknya di lapangan nanti. 

“Semoga tidak ada kendala apapun dan pemain bisa dengan cepat mengembalikan kondisi mereka. Pertandingan juga digelar malam, jadi ada waktu untuk mengembalikan ke kondisi terbaik,” tambahnya. 

Yang jelas, dirinya tetap memiliki ambisi untuk merebut tiga poin dari Maung Bandung di laga besok. Sebab, poin penuh dari Bali bisa saja menaikkan posisi Laskar Antasari di tangga klasemen. 

“Kita punya 90 menit, di mana kita bisa meningkatkan posisi kita. Saat ini kita berada dalam posisi yang sama dengan musim kemarin dan kita punya 90 menit, kita bisa paling tidak menaikan satu atau dua strip lagi di klasemen dan itu akan kita coba dalam pertandingan besok,” katanya.***

PERSIB

Full Time

91'

Hariono

Patrich Steve Wanggai

82'

Ezechiel N'Douassel

Yellow Card

72'

Ghozali Muharam Siregar

Kim Jeffrey Kurniawan

43'

Ezechiel N'Douassel

Goal

39'

Ghozali Muharam Siregar

Yellow Card

23'

Jonathan Jesus Bauman

Goal

23'

Ezechiel N'Douassel

Assist

20'

Ghozali Muharam Siregar

Goal

BARITO PUTERA

Full Time

88'

Samsul Arif Munip

Goal

88'

Rizky Rizaldi Pora

Assist

81'

Matias Jesus Cordoba

Paulo Oktavianus Sitanggang

71'

Marvel Silva Sacramento

Nazarul Fahmi

25'

Samsul Arif Munip

Goal

25'

Jajang Sukmara

Assist

18'

Rizky Rizaldi Pora

Goal

18'

Matias Jesus Cordoba

Assist