Psis  x200 PSIS
3 VS 0
Persib bandung  x200 PERSIB
GO-JEK Liga 1 Minggu 18 Nov 2018, 15.30 WIB Moch. Soebroto

Bruno Silva 16'

Hari Nur Yulianto 69'

Ibrahim Posle Conteh 74'

PSIS

Skuat Utama

No Pemain Posisi
30

Thumb default pemain Jandia Eka Putra

goal keeper
23

Thumb default pemain Gilang Ginarsa

defender
5

Thumb default pemain Haudi Abdillah

defender
27

Thumb default pemain Safrudin Tahar

defender
17

Thumb player avatar default M. Rio Saputro

defender
92

Thumb default pemain Bayu Nugroho

midfielder
7

Thumb default pemain Muhamad Yunus

midfielder
55

Thumb player avatar default Ibrahim Posle Conteh

midfielder
12

Thumb player avatar default Nerius Alom

midfielder
91

Thumb default pemain Bruno Silva

striker
22

Thumb default pemain Hari Nur Yulianto

striker

Cadangan

No Pemain Posisi
1

Thumb player avatar default Joko Ribowo

goal keeper
15

Thumb default pemain Frendy Saputra

defender
25

Thumb default pemain Petar Planic

defender
24

Thumb default pemain Hafit Ibrahim

midfielder
29

Thumb player avatar default M. Widya Wahyu Fitriyanto

midfielder
11

Thumb default pemain Aldaeir Makatindu

striker
10

Thumb default pemain Komarudin

striker

PERSIB

Skuat Utama

No Pemain Posisi
78

Thumb 78 made I Made Wirawan

goal keeper
4

Thumb 4 malisic Bojan Malisic

defender
6

Thumb 6 Tony Sucipto

defender
12

Thumb 12 henhen Henhen Herdiana

defender
32

Thumb 32 Victor Igbonefo

defender
7

Thumb 7 Atep

midfielder
14

Thumb 14 agung Agung Mulyadi

midfielder
24

Thumb 24 hariono Hariono

midfielder
27

Thumb 27 puja Puja Abdilah

midfielder
33

Thumb 33 Inkyun Oh

midfielder
10

Thumb 10 ezechiel Ezechiel N'Douassel

striker

Cadangan

No Pemain Posisi
1

Thumb 1 natshir M. Natshir Fadhil

goal keeper
16

Thumb 19 indra Indra Mustafa

defender
77

Thumb 77 ghozali Ghozali Muharam Siregar

midfielder
23

Thumb 23 kim Kim Jeffrey Kurniawan

midfielder
99

Thumb 99 bauman Jonathan Jesus Bauman

striker
37

Thumb 37 muchlis Muchlis Hadi NS

striker
98

Thumb 98 wildan Muchamad Wildan Ramdhani Nugraha

striker
review pertandingan

Review: PERSIB Harus Akui Keunggulan PSIS

PERSIB harus pulang dengan tangan hampa setelah kalah 0-3 dari PSIS Semarang dalam lanjutan kompetisi Go-Jek Liga 1  di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Minggu ‎18 November 2018. Dengan hasil ini, posisi PERSIB masih tertahan di peringkat ketiga klasemen sementara dengan nilai 49 poin. 

Tiga gol tim Mahesa Jenar masing-masing diciptakan stiker Bruno Silva di menit ke-16, Hari Nur Yulianto di menit ke-69 dan Ibrahim Conteh di menit ke-74.

PERSIB mencoba mengambil inisiatif serangan di menit awal, tetapi upaya membangun serangan dari lini belakang belum maksimal. Ancaman pertama justru diberikan PSIS melalui aksi Conteh. Namun sepakannya dari luar kotak diantisipasi dengan baik oleh I Made Wirawan. 

PSIS membuka keunggulan ketika Bruno ‎mampu memaksimalkan umpan silang Hari Nur Yulianto di sisi kanan dengan sebuah diving header di menit ke-16. 

PERSIB memiliki peluang menyamakan kedudukan melalui winger muda PERSIB, Puja Abdillah. Ia mendapat bola di dalam kotak penalti PSIS di menit ke-24, dan langsung melepaskan tembakan. Tetapi arah bola masih melayang di atas mistar gawang Jandia Eka. 

Usaha membongkar pertahanan PSIS dilakukan Ezechiel N'Douassel, tapi kawalan ketat beberapa bek menyulitkan pergerakan sang striker.  Eze mencoba peruntungannya dengan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun arah bola masih melenceng.

Usaha serupa juga dilakukan  Oh Inkyun di menit ke-41. Sepakannya mengarah ke sisi kanan gawang PSIS namun bola masih dapat ditangkap Jandia. Hingga babak pertama berakhir, Maung Bandung masih tertinggal 0-1.

Di babak kedua, PERSIB langsung menggebrak. Peluang pun didapat Eze di dalam kotak penalti PSIS, tapi arahnya masih melebar ke sisi kanan gawang Jandia. Di menit ke-56, Eze kembali menebar ancaman tapi sundulannya setelah menyambut umpan silang Henhen masih melambung

Mario Gomez melakukan pergantian dua pemain di pertengahan babak kedua. Ia menarik Puja Abdillah dan Agung Mulyadi untuk digantikan Ghozali Siregar dan Joni Bauman. Gozo pun langsung memberi dampak tapi sepakan kerasnya masih melenceng. 

Dalam kondisi cukup tertekan, PSIS justru dapat menggandakan keunggulan di menit ke-69.  Kali ini, Hari Nur dimanjakan oleh aksi Bruno yang memberikan umpan silang di depan gawang Made. 

‎Tertinggal dua gol tak membuat PERSIB mengendurkan serangan. Gozo hampir saja memperkecil keadaan andaikan sepakan saltonya tak membentur tiang gawang saat meneruskan umpan silang Atep di menit ke-72.

PSIS melancarkan serangan cepat yang berbuah gol ketiga di laga ini. Bayu mampu meloloskan diri dari kawalan dan memberi umpan akurat kepada Ibrahim Conteh. Penyelesaian akhir yang baik dari Conteh di menit ke-74 membuat PSIS unggul 3-0. 

Sepuluh menit jelang pertandingan berakhir, kerja sama antara Joni dan Eze mulai memberikan ancaman. Namun, sepakan Eze di dalam kotak masih belum membuahkan gol bagi Maung Bandung.  ‎Bauman sempat menerobos masuk ke dalam kotak dan terjatuh di depan kotak penalti Mahesa Jenar saat dihadang lawan. Namun, wasit tak menyatakan itu sebagai pelanggaran. *** 
 

preview pertandingan

Preview PSIS vs PERSIB: Asa Masih Ada

PERSIB kembali akan melanjutkan pertarungannya di ajang Go-Jek Liga 1. Kali ini Maung Bandung akan dijamu tim penghuni peringkat 13 klasemen sementara, PSIS Semarang di Stadion Moch. Soebroto Magelang, Minggu 18 November 2018 besok.

Memasuki pekan ke-31 atau sisa empat pertandingan menuju akhir kompetisi kasta tertinggi sepakbola Indonesia, Maung Bandung mengemban tugas tak mudah. Laga versus skuat Mahesa Jenar --julukan PSIS-- bisa disebut laga yang sangat krusial bagi skuat asuhan Mario Gomez ini.

Kemenangan tentu harus didapatkan Maung Bandung. Sebab, raihan tiga poin akan membuat asa Victor Igbonefo cs meraih kampiun musim ini tetap ada.

Apalagi dua pesaing utama di tabel klasemen, PSM Makassar posisi kesatu dan Persija Jakarta kedua gagal memperlebar jarak dengan PERSIB setelah bentrok keduanya hanya berakhir imbang 2-2 di Stadion Andi Mattalatta  Mattoanging, Makassar, Jumat 18 November kemarin. Praktis, kini PERSIB hanya terpaut 5 poin dari PSM dan 1 poin saja dari Macan Kemayoran.

Gomez pun menegaskan jika timnya tabu untuk meraih pil pahit lagi. Ia pun mengatakan akan tetap berdiri di atas targetnya, yakni membawa Maung Bandung juara di musim 2018 ini.

"Kami akan terus berjuang hingga kompetisi ini selesai. Peluang juara masih sangat terbuka bagi tim kami. Tidak ada yang mustahil di dalam sepakbola. Jika kami tidak punya target juara, lebih baik pulang saja ke rumah masing-masing. Tentunya pertandingan besok kami harus menang," tegas pelatih berkebangsaan Argentina itu.

Meski demikian, Gomez menyadari PSIS bukanlah lawan yang mudah ditaklukkan. Apalagi mereka akan bermain di kandang dan mendapatkan suntikan energi dari dukungan ribuan suporternya. Gomez menilai, PSIS dipastikan memiliki semangat berlipat mengingat posisi mereka di klasemen pun belum terbilang aman dari kejaran pesaing di bawahnya.

Hal tersebut menjadi catatan tersendiri bagi seorang Gomez. Gomez mengakui, kekalahan atas PSMS Medan pekan lalu akan dijadikan evaluasi di pertandingan esok.

"Kami tidak pernah memikirkan siapa lawan dan posisi lawan. Semua tim yang kami hadapi memiliki kualitas yang sama, apalagi mereka akan bermain di kandang. Sudah pasti motivasi mereka akan sangat tinggi untuk mengalahkan PERSIB," ujarnya.

Di kubu lawan, pelatih Jafri Sastra sudah pasti tidak mau dikalahkan PERSIB, terlebih bermain di hadapan suporter setianya. Kemenangan menjadi hal wajib bagi Mahesa Jenar demi menghindarkan dari ancaman turun kasta di musim depan.

"Mudah-mudahan besok ketemu PERSIB anak-anak bisa memberikan yang terbaik untuk penampilan dan hasilnya. Kalau di klasemen sekarang, setelah Persela main, kita berada di urutan ke-13 dan zona itu belum aman,” kata Jafri dalam sesi jumpa pers, Sabtu 17 November 2018. 

Oleh karena itu, Jafri berharap skuatnya mampu menunjukan semangat juang demi raihan poin maksimal. Eks pelatih Mitra Kukar ini pun merasa tertantang untuk meladeni permainan Maung Bandung nanti.

“Tapi siapapun yang kami hadapi besok, di sini (kandang), terlepas apakah itu PERSIB atau tidak, kami sudah punya tekad untuk besok bekerja semaksimal mungkin untuk bisa meraih tiga poin,” tuturnya mengakhiri pembicaraan.***

PSIS

Full Time

89'

M. Rio Saputro

Yellow Card

86'

Haudi Abdillah

Petar Planic

74'

Aldaeir Makatindu

Muhamad Yunus

74'

Ibrahim Posle Conteh

Goal

74'

Bayu Nugroho

Assist

69'

Hari Nur Yulianto

Goal

69'

Bruno Silva

Assist

66'

Safrudin Tahar

Frendy Saputra

16'

Bruno Silva

Goal

16'

Hari Nur Yulianto

Assist

PERSIB

Full Time

89'

Ezechiel N'Douassel

Yellow Card

62'

Inkyun Oh

Yellow Card

59'

Agung Mulyadi

Jonathan Jesus Bauman

58'

Puja Abdilah

Ghozali Muharam Siregar