Psm makassar  x200 PSM
1 VS 0
Persib bandung  x200 PERSIB
GO-JEK Liga 1 Rabu 24 Okt 2018, 15.30 WIB Andi Mattalatta

Guy Junior 81'

PSM

Skuat Utama

No Pemain Posisi
3

Zulkifli Syukur

defender
5

Reva Adi Utama

defender
10

Marc Klok

midfielder
11

Rahmat

striker
19

Rizky Pellu

midfielder
20

Rivky Mokodompit

goal keeper
22

Ardan

midfielder
39

Guy Junior

striker
80

Willem Jan Pluim

midfielder
86

Steven Paulle

defender
29

Alessandro Ferreira Leonardo

striker

Cadangan

No Pemain Posisi
2

Hendra Wijaya

defender
13

Agi Pratama

striker
17

Rasyid Bakri

midfielder
18

Arfan

midfielder
25

M. Fauzan

defender
51

Syaiful

goal keeper
99

Saldi

midfielder

PERSIB

Skuat Utama

No Pemain Posisi
1

Thumb medium 1M. Natshir Fadhil

goal keeper
6

Thumb 6Tony Sucipto

defender
11

Thumb 11Dedi Kusnandar

midfielder
13

Thumb 13Febri Hariyadi

midfielder
22

Thumb 22Supardi

defender
32

Thumb 32Victor Igbonefo

defender
33

Thumb 33Inkyun Oh

midfielder
77

Thumb 77Ghozali Muharam Siregar

midfielder
99

Thumb 99 baumanJonathan Jesus Bauman

striker
3

Thumb 3 ardi idrusArdi Idrus

defender
88

Thumb 88 wanggaiPatrich Steve Wanggai

striker

Cadangan

No Pemain Posisi
7

Thumb 7Atep

midfielder
12

Thumb 12Henhen Herdiana

defender
24

Thumb 24Hariono

midfielder
23

Thumb 23Kim Jeffrey Kurniawan

midfielder
78

Thumb medium 78I Made Wirawan

goal keeper
80

Thumb 80Eka Ramdani

midfielder
21

Thumb mario jardelMario Jardel

defender
review pertandingan

Review: PERSIB Harus Akui Keunggulan PSM

PERSIB harus mengakui keunggulan tuan rumah PSM Makassar 0-1 pada perrtandingan pekan ke-27 Go-Jek Liga 1 di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Rabu 24 Oktober 2018. Satu-satunya gol kemenangan PSM dicetak oleh Guy Junior pada menit ke-81. 

Di babak pertama, kedua tim bermain imbang 0-0. Babak kedua dimulai, PERSIB tampil lebih agresif. Jonathan Bauman membuka peluang pada menit ke-47. Namun, tendangan mendatar Bauman dari dalam kotak penalti hanya menyamping tipis di tiang gawang PSM yang dijaga Rivky Mokodompit. 

PSM langsung balas menyerang. Willem Jan Pluim mendapatkan peluang emas menit 53. Namun, tendangan keras Pluim berhasil diblok kiper M. Natshir. 

PERSIB kembali mendapatkan peluang menit ke-57 lewat Patrich Wanggai memanfaatkan miskomunikasi pertahanan PSM. Sayang sekali, tendangan dua kali beruntun Wanggai masih mampu dihalau pemain bertahanan PSM. 

PERSIB terus menggempur pertahanan PSM melalui Bauman. Lagi-lagi usaha Bauman dari luar kotak penalti masih belum menemui sasaran. 

Pelatih Mario Gomez melakukan perubahan dengan memasukan Atep dan menarik keluar Ghozali Siregar menit ke-76. 

Petaka bagi PERSIB datang pada menit ke-81. Guy Junior akhirnya berhasil merobek jala Maung Bandung. Berawal dari operan mendatar M. Rahmat, pemain bernomor punggung 39 ini mampu menempatkan bola ke sudut kanan gawang Deden Natshir. 

PERSIB harus mengalami kerugian usai Bauman mendapatkan kartu merah dari wasit Tabrani menit ke-87. Maung Bandung terus berusaha membalas ketinggalan, sayang usahanya tidak membuahkan hasil. Skor 1-0 untuk keunggulan tim tuan rumah PSM tetap bertahan hingga laga usai.***

preview pertandingan

Preview PSM vs PERSIB: Jaga Asa Juara

PERSIB harus mampu meraih kemenangan saat bertandang ke markas PSM Makassar pada pekan ke-27 Go-Jek Liga 1 2018 untuk bisa kembali ke puncak klasemen sementara. Kemenangan di Stadion Andi Mattalata, Rabu 24 Oktober 2018, akan sangat berarti buat Maung Bandung untuk menjaga asa juara Liga 1 musim ini. 

Saat ini, PERSIB hanya terpaut dua poin dari PSM yang berada di puncak klasemen dengan mengoleksi 47 poin. Jika PERSIB kalah, selisih poin itu akan semakin melebar. Karena itu, kemenangan adalah satu-satu misi Maung Bandung kali ini. 

Tidak hanya soal perebutan mahkota juara, pertemuan PERSIB dan PSM merupakan duel klasik dan menarik. PERSIB dan PSM merupakan dua tim legendaris.

Pelatih Mario Gomez dalam sesi jumpa pers jelang laga mengatakan, PERSIB dan PSM sama-sama punya ambisi menang. Karena itu, semua pemain harus fokus dan siap melakoni laga penting ini. 

“Kami tahu, besok adalah pertandingan yang sangat penting. Tak hanya untuk PERSIB, tapi juga PSM Makassar. Karena keduanya berada di papan atas. Tapi, kami ingin kembali ke jalur kemenangan. Ini sangat sengit karena kami butuh 20 poin lebih untuk memenangi Liga 1,” ujar pelatih berkebangsaan Argentina itu. 

Namun, perlu diakui, Maung Bandung tak sedang dalam performa terbaiknya. Dalam tiga laga terakhir ini, Pangeran Biru hanya mampu mengoleksi satu poin. PERSIB kalah dari Madura United 1-2 dan Persebaya Surabaya 1-4 dan meraih hasil imbang kala bertandang ke markas Persipura Jayapura 1-1. 

“It’s not good. Tapi kita coba ambil tiga poin besok. Karena kita dapat tambahan pemain. Karena di tiap pertandingan kita kehilangan tujuh pemain, dan itu bukan hal yang mudah,” tuturnya. 

Kembalinya Jonathan Bauman dan Patrich Wanggai yang baru bebas dari hukuman larangan bermain adalah salah satu sinyal positif bagi kebangkitan Maung Bandung. Tak cuma Bauman dan Patrich, Oh Inkyun pun sudah dipastikan bisa kembali membela tim setelah hukuman akumulasi kartu kuningnya berakhir di laga akhir pekan kemarin. 

“Mungkin sekarang kami punya tiga pemain yang sudah bergabung. Di laga-laga sebelumnya kami kehilangan banyak pemain akibat sanksi,” tambah pria 61 tahun itu. 

Meski menjanjikan akan tampil lebih agresif dengan kembalinya tiga amunisi di lini depan, Gomez mengaku tetap mewaspadai kekuatan Juku Eja. Apalagi, tim besutan Robert Rene Alberts itu akan bermain di hadapan pendukungnya sendiri. 

“(PSM) Makassar adalah tim yang bagus. Mereka memiliki pelatih yang bagus. Ini akan menjadi pertandingan yang sulit bagi kami. Tapi kami akan mencoba untuk bisa menang setiap waktu,” imbuh eks asisten pelatih Hector Cuper di Inter Milan itu. 

Sayangnya, di laga nanti, PERSIB masih belum akan diperkuat sang striker asal Chad, Ezechiel N’Douassel dan bek tangguh asal Serbia, Bojan Malisic. Keduanya masih harus menjalani sanksi larangan bermain dari Komisi Disiplin PSSI. 

Di kubu lawan, PSM telah menyatakan siap menjamu Supardi Nasir Bujang cs di Kota Pelaut. Nama-nama seperti Marc Klok, Wiljan Pluim dan Zulham Zamrun akan menjadi ancaman nyata bagi skuat Maung Bandung di laga esok. Kemenangan 2-1 atas Borneo FC di laga sebelumnya, tentu akan menjadi bekal yang bagus bagi skuat asuhan Robert Rene Alberts itu untuk menatap laga melawan PERSIB. Kepercayaan diri Juku Eja, semakin pekan semakin tampak kokoh. 

Biarpun begitu, Rene tetap memprediksikan laga akan berlangsung sengit dan menarik untuk disaksikan. Sebab, kedua tim akan bertarung demi mendapatkan posisi pertama. 

“Ini akan menjadi pertandingan yang menarik. Kedua tim punya misi untuk mempertahankan posisi atau mendapatkan kembali posisi di puncak klasemen sementara,” ungkap Rene.***

PSM

Full Time

94'

Guy Junior

Agi Pratama

81'

Guy Junior

Goal

81'

Rahmat

Assist

70'

Alessandro Ferreira Leonardo

Saldi

61'

Rizky Pellu

Arfan

30'

Rizky Pellu

Yellow Card

PERSIB

Full Time

94'

Patrich Steve Wanggai

Yellow Card

87'

Jonathan Jesus Bauman

Red Card

75'

Ardi Idrus

Yellow Card

75'

Ghozali Muharam Siregar

Atep

35'

Dedi Kusnandar

Hariono

23'

Jonathan Jesus Bauman

Yellow Card