Persib bandung  x200 PERSIB
3 VS 2
Persija  x200 PERSIJA
GO-JEK Liga 1 Minggu 23 Sep 2018, 15.30 WIB Gelora Bandung Lautan Api

Ezechiel N'Douassel 28'

Jonathan Jesus Bauman 60'

Bojan Malisic 94'

49' Jaimerson Da Silva Xavier

65' Rohit Chand

PERSIB

Skuat Utama

No Pemain Posisi
1

Thumb medium 1 M. Natshir Fadhil

goal keeper
4

Thumb 4 Bojan Malisic

defender
22

Thumb 22 Supardi

defender
32

Thumb 32 Victor Igbonefo

defender
3

Thumb 3 ardi idrus Ardi Idrus

defender
11

Thumb 11 Dedi Kusnandar

midfielder
13

Thumb 13 Febri Hariyadi

midfielder
33

Thumb 33 Inkyun Oh

midfielder
77

Thumb 77 Ghozali Muharam Siregar

midfielder
10

Thumb medium 10 Ezechiel N'Douassel

striker
99

Thumb 99 bauman Jonathan Jesus Bauman

striker

Cadangan

No Pemain Posisi
78

Thumb medium 78 I Made Wirawan

goal keeper
6

Thumb 6 Tony Sucipto

defender
94

Thumb 94 sabil M Al Amin Syukur Fisabillah

defender
7

Thumb 7 Atep

midfielder
24

Thumb 24 Hariono

midfielder
23

Thumb 23 Kim Jeffrey Kurniawan

midfielder
88

Thumb 88 wanggai Patrich Steve Wanggai

striker

PERSIJA

Skuat Utama

No Pemain Posisi
26

Thumb default pemain Andritany Ardhiyasa

goal keeper
5

Thumb default pemain Jaimerson Da Silva Xavier

defender
6

Thumb default pemain Maman Abdurahman

defender
14

Thumb default pemain Ismed Sofyan

defender
28

Thumb default pemain M. Rezaldi Hehanussa

defender
11

Thumb default pemain Novri Setiawan

midfielder
25

Thumb default pemain Riko Simanjuntak

midfielder
29

Thumb default pemain Sandi Darma Sute

midfielder
32

Thumb default pemain Rohit Chand

midfielder
70

Thumb player avatar default Renan da Silva

midfielder
9

Thumb default pemain Marko Simic

striker

Cadangan

No Pemain Posisi
88

Thumb player avatar default Shahar Ginanjar

goal keeper
13

Thumb default pemain Gunawan Dwi Cahyo

defender
81

Thumb default pemain Vava Mario Yagalo

defender
7

Thumb default pemain Rizki Ramdani Lestaluhu

midfielder
24

Thumb default pemain Yan Pieter Kornelis Nasadit

midfielder
20

Thumb default pemain Bambang Pamungkas

striker
79

Thumb player avatar default Osas Marvellous Ikpefua

striker
review pertandingan

Review: Gol Mali Menangkan PERSIB atas Persija

PERSIB berhasil menundukkan Persija Jakarta dalam laga yang berlangsung dramatis di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Minggu 23 September 2018.  Gol tandukkan kepala Bojan Malisic di masa injury time menjadi penentu kemenangan Maung Bandung dengan skor 3-2, sekaligus mengakhiri rekor tak pernah menang atas Persija dalam kurun waktu lima tahun terakhir.   

Di hadapan 34 ribu bobotoh yang memadati stadion, PERSIB dua kali memimpin lewat gol Ezechiel N’Douassel di menit ke-28 dan Jonathan Bauman di menit ke- 59. Sedangkan tim Macan Kemayoran dua kali menyamakan kedudukan melalu sepasang gol yang disumbangkan Jaimerson Xavier di menit ke-49 dan Rohit Chand di menit ke-65. 

Duel adu gengsi ini berlangsung dalam tensi tinggi sejak menit awal babak pertama. Terbukti dari banjirnya kartu kuning untuk kedua kesebelasan di laga petang itu. Maung Bandung berhasil unggul lebih dulu lewat tendangan voli keras Ezechiel memanfaatkan umpan terukur Febri Hariyadi.  Namun kedudukan menjadi imbang beberapa saat sebelum turun minum ketika Jaimerson memanfaatkan tendangan bebas dengan sundulan kepala. 

Di babak kedua, permainan dan serangan kedua tim lebih berkembang. Tetapi tensi masih meninggi. Terbukti di menit ke-50, Ezechiel harus mendapatkan ganjaran kartu kuning karena menghalang-halangi pergerakan Andritany di dalam kotak penalti Persija. 

PERSIB kembali memimpin di menit ke-59. Berawal dari tendang bebas Oh In-kyun yang mengenai tangan salah satu pemain Persija di kotak penalti. Sepakan penalti pun diberikan untuk tim tuan rumah.  Penyerang asal Argentina, Bauman, dipercaya menjadi algojo  PERSIB kali ini. Hasilnya, ia sukses mengecoh kiper Macan Kemayoran, Andritany.  PERSIB kembali unggul 2-1. 

Keunggulan Maung Bandung tak bertahan lama. Persija kembali menyamakan kedudukan di menit ke-65. Berawal dari umpan akurat Ismed ke kotak penalti PERSIB, Rohit Chand dalam posisi cukup bebas menyundul bola untuk menaklukkan M. Natshir. Kedudukan pun berubah menjadi 2-2 

Untuk menambah daya serang, Mario Gomez melakukan pergantian pemain di menit 75 dengan memasukkan Atep yang menggantikan Febri Hariyadi. 

PERSIB hampir saja mengubah skor menjadi 3-2 di menit 78. Namun sayang, sontekan Bauman harus dianulir oleh wasit. Pasalnya, Atep dianggap sudah berada di posisi offside sebelum memberi umpan kepada Bauman. 

Dua menit kemudian, giliran striker Kroasia, Marko Simic diganjar kartu kuning. Ia terlihat jelas menghalang-halangi pergerakan M. Natshir yang akan menendang bola. 

Memasuki menit 80, PERSIB terus mencoba menekan pertahanan Macan Kemayoran. Namun rapatnya barisan pertahanan Maman Abdurahman cs membuat lini depan PERSIB kesulitan. 

Di menit-menit akhir, ketika seluruh bobotoh menyangka pertandingan akan berakhir imbang, PERSIB mencetak gol secara dramatis. Mali menjadi pahlawan kemenangan ketika menyundul bola ke gawang Andritany setelah memanfaatkan umpan Atep. Skor pun menjadi 3-2, dan PERSIB mengakhir laga dengan poin sempurna.***

preview pertandingan

Preview PERSIB vs Persija: Sekaranglah Saatnya!

Laga PERSIB dan Persija Jakarta selalu menyuguhkan drama menarik. Kedua tim tentu akan menampilkan permainan terbaiknya untuk menjaga tensi dan gengsi tetap tinggi. 

Jelang laga panas yang akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu 23 September 2018, pukul 15.30 WIB, deretan catatan manis telah ditorehkan Maung Bandung. Bermain di kandang, menjadi pemuncak klasemen sementara Go-Jek Liga 1, dan berpredikat sebagai tim dengan jumlah kebobolan paling sedikit, pantas membuat PERSIB percaya diri menatap laga ini.

Namun, itu saja tak cukup. Bersua Persija tentu memiliki atmosfer yang lain daripada laga-laga lainnya. Kendati berada di posisi teratas, Maung Bandung memiliki catatan kurang apik dalam beberapa pertemuan. Dalam rentang waktu empat tahun terakhir, PERSIB terakhir mencicipi kemenangan di ISL 2013. Kala itu, Maung Bandung menang dengan skor 3-1 di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung. 

Namun, PERSIB kini sudah berbeda. Bersama arsitek Mario Gomez, Maung Bandung bertekad memutus tren negatif itu. Gomez menegaskan sedikitpun tidak peduli dengan rekor tersebut. 

"Itu hanyalah masa lalu. Saya tidak terlalu memikirkan catatan itu. Sekarang saatnya kami menghentikan itu semua. Semua hal sudah berbeda sekarang. Begitupun dengan tim kami. Semua itu akan menjadi evaluasi bagi tim agar lebih baik di pertandingan nanti," tegas pelatih berkebangsaan Argentina tersebut. 

Gomez tak main-main memberi ancaman untuk tim tamu. Tak hanya mengemban misi pecah telur, eks juru racik Gimnasia La Plata ini berambisi membalas kekalahan 0-1 di putaran pertama lalu. 

"Saya tahu Persija tim bagus. Tapi saat ini kita yang sedang berada di puncak. Jadi mereka yang seharusnya memikirkan tentang kita, bukan kita yang memikirkan tentang mereka," tantang Gomez.

Tak hanya itu, Gomez pun ingin memberi hadiah spesial untuk bobotoh di laga ini. Gomez beserta skuatnya mengaku sangat ingin membalas antusiasme bobotoh dengan poin sempurna.

“Ini seperti derby dan bagi kita sangat penting untuk bisa mengamankan tiga poin. Bukan hanya untuk poin, tapi juga gengsi dan supaya kita bisa memperlebar selisih poin di klasemen. Pastinya untuk bobotoh karena mereka ingin kita menang. Kemenangan melawan Persija akan terasa berbeda dengan kemenangan yang lainnya," katanya. 

Sementara itu, kubu Persija sudah tentu tak mau kalah di pertandingan ini. Mereka pun datang dengan misi yang sama, yakni menjaga gengsi. 

Pelatih Persija Stefano 'Teco' Cuggura merasa optimistis timnya mampu membawa hasil bagus dari Kota Kembang. Pernah beberapa kali membawa hasil sempurna di laga tandang diklaim Teco cukup menjadi bekal untuk menyulitkan Maung Bandung. 

"Saya sudah pernah di sini tahun kemarin. Tim pasti siap bermain di Bandung. Kita tahu ini sudah berapa kali di luar sudah main bagus. Sudah menang empat kali di luar," ujarnya saat sesi jumpa pers di 1933 Dapur dan Kopi, Jalan Sulanjana No. 17, Sabtu 22 September. 

Namun, Teco tak mau terlalu berpatokan terhadap raihan-raihan sebelumnya. Ia menilai timnya tengah memikul beban yang berat di pertandingan nanti. Pelatih asal Brasil itu pun memprediksi Andrytani Adhyaksa cs bakal menemui jalan terjal besok. 

"Kita harus benar-benar kerja keras dan lawan tim yang ada di posisi satu. Kita bekerja jika mau dapat hasil yang bagus. Kita pikir positif, Persija pasti bisa di pertandingan besok," kata Teco.***

PERSIB

Full Time

94'

Bojan Malisic

Goal

94'

Victor Igbonefo

Assist

76'

Febri Hariyadi

Atep

60'

Jonathan Jesus Bauman

Play

60'

Jonathan Jesus Bauman

Goal

51'

Ezechiel N'Douassel

Yellow Card

5'

Ardi Idrus

Yellow Card

37'

Ghozali Muharam Siregar

Yellow Card

3'

Jonathan Jesus Bauman

Yellow Card

28'

Ezechiel N'Douassel

Goal

28'

Febri Hariyadi

Assist

12'

Bojan Malisic

Yellow Card

PERSIJA

Full Time

90'

Rohit Chand

Yan Pieter Kornelis Nasadit

81'

Ismed Sofyan

Vava Mario Yagalo

80'

Marko Simic

Yellow Card

69'

Renan da Silva

Rizki Ramdani Lestaluhu

65'

Rohit Chand

Goal

65'

Ismed Sofyan

Assist

49'

Jaimerson Da Silva Xavier

Goal

49'

Renan da Silva

Assist

48'

Jaimerson Da Silva Xavier

Yellow Card

46'

Renan da Silva

Yellow Card

39'

Ismed Sofyan

Yellow Card

25'

Sandi Darma Sute

Yellow Card