Eko Permadi secara terbuka melakukan kampanye perdamaian antarsuporter©PERSIB.co.id/Jatnika Sadili

pernik
Kamis, 27-09-2018 11:37 WIB

Bobotoh Ini Sebarkan Virus Perdamaian Antarsuporter

Seorang bobotoh bernama Eko Permadi menyerukan perdamaian antarsuporter. Ia tak hanya menyamaikan pesan damai untuk para suporter PERSIB dan Jakmania, namun juga kelompok pendukung tim lainnya di Indonesia.

Eko melakukan aksi sendirian memakai baju berwarna oranye dengan logo Persija Jakarta di dada. Ia juga mengangkat sebuah papan keras bertuliskan sejumlah pesan sambil meneriakkan ajakan perdamaian. Bobotoh asal Kacapiring Kota Bandung ini sadar bahwa aksinya berbahaya. Namun, dia sudah bulat untuk menyebarkan virus perdamaian.

"Suporter Indonesia bersatulah. Tak ada arogansi kelompok, Jak Mania, Bobotoh, Aremania, Bonek dan semuanya adalah saudara," kata Eko di depan Gedung Sate, Rabu 26 September 2018 kemarin.

Langkah ini menurutnya merupakan tindakan nyata mendukung upaya klub menjadikan stadion nyaman dan aman. Eko menilai, jika kampenye hanya dilakukan manajemen klub  membutuhkan proses lama dan sulit. Perlu ada kemauan dari suporter sendri untuk menjadikan klubnya tumbuh sehat tanpa perselisihan suporter.

Eko juga mengaku melakukan kampanye tersebut sebagai bentuk rasa kemanusiaan.  "Ini bukan hanya atas nama supporter, tetapi atas nama kemanusiaan. Ini aksi saya kesekian kalinya setelah tahun lalu Ricko Andrean menjadi korban. Saya berharap dari mulai Menpora, PSSI sampai suporter, stop saling menyalahkan. Mari introspeksi dan sebarkan virus perdamaian," ungkapnya.

Apa yang dilakukan pria berusia 33 tahun itu pun mendapat respons positif. Banyak warga memberinya semangat dengan cara memeluk dan berjabat tangan. Hal itu diakui Eko membuatnya lebih bersemangat.

"Saya yakin banyak yang ingin suporter semua damai. Hanya sedikit yang tak ingin damai. Mari kita mulai dari diri sendiri untuk membuka hati, damai itu indah. Hayu nyetadion bareng," ujar Eko. ***

PERSIB.co.id
berita harian
Puja Usung Target Tinggi di Piala Indonesia
Puja Abdillah mengusung target tinggi di Piala Indonesia 2018
Kamis, 13-12-2018 18:40 WIB
berita harian
Ini Kesan Agung Selama Musim 2018
Agung Mulyadi mempunyai kesan tersendiri selama mengarungi kompetisi Go-Jek Liga 1 musim 2018.
Kamis, 13-12-2018 13:45 WIB
berita harian
Ini yang Dilakukan Made Selama Jeda Kompetisi
Selama jeda libur akhir musim ini, banyak pemain PERSIB yang memilih berlatih dan beraktivitas di kampung halamannya masing-masing.
Kamis, 13-12-2018 10:14 WIB